Kelas Ibu Hamil dan Balita, Persiapan Melahirkan dan Keterampilan Mengasuh Anak

Kesehatan ibu dan anak adalah fondasi utama bagi kesejahteraan keluarga dan masyakarat. Pemahaman yang baik tentang proses kehamilan, persalinan, dan pengasuhan anak sangat penting bagi setiap ibu. Untuk mendukung hal ini, Puskesmas Cikalong mengadakan Kelas Ibu Hamil dan Balita pada Kamis, 4 Juli 2024, bertempat di Posyandu Kenanga, Kampung Pengkolan, Desa Cikadu, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan kepada para ibu agar dapat menjalani proses kehamilan dengan lancar dan mempersiapkan diri menghadapi persalinan dengan baik. Selain itu, Kelas Balita dirancang untuk membekali para ibu dengan keterampilan dalam merawat dan mengasuh anak mereka, sehingga dapat memberikan perawatan yang optimal dan mendukung perkembangan anak secara menyeluruh.

Kepala Puskesmas Cikalong, Hj. Tati Maryati S.Kep, Ners berkesempatan membuka kelas ini secara resmi. Dihadiri 6 ibu hamil dan 20 ibu yang memiliki anak balita, kelas ini dengan khidmat dipandu oleh Hj. Halimah Am.Keb sebagai Bidan Koordinator yang kompeten dan berpengalaman di bidang kesehatan ibu dan anak. Materi yang disampaikan mencakup edukasi aspek penting dalam proses kehamilan, persiapan persalinan, dan pengasuhan anak, sehingga para peserta mendapatkan pengetahuan yang komprehensif dan mendalam.

Kelas Ibu Hamil memberikan edukasi yang esensial mengenai cara menjaga kesehatan selama kehamilan, teknik pernapasan untuk persalinan, serta tanda-tanda persalinan yang perlu diwaspadai. Sementara itu, Kelas Balita difokuskan pada peningkatan keterampilan ibu dalam merawat dan mengasuh anak dalam menjalankan peran dan tanggung jawab mereka.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih satu jam diikuti oleh peserta kelas dengan antusias, dibuktikan dengan sesi diskusi dan tanya jawab memberikan kesempatan bagi para ibu untuk berinteraksi langsung dengan narasumber. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta khususnya ibu hamil dan balita.

Semoga melalui kegiatan ini, para ibu dapat merasa lebih siap dan percaya diri dalam menjalani proses kehamilan dan persalinan, serta mampu memberikan pengasuhan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

2 responses to “Kelas Ibu Hamil dan Balita, Persiapan Melahirkan dan Keterampilan Mengasuh Anak”

  1. putriayurahmapratiwi Avatar
    putriayurahmapratiwi

    Informasi bermanfaat

  2. rnuradzania Avatar
    rnuradzania

    Makasih infonya👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis