You are here
Home > Dinkes > Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella MR

Tahukah semuanya, ada apa di bulan Agustus – September 2017 ? Ayo sapa yg sudah tau?

Yaitu KAMPANYE IMUNISASI MEASLES – RUBELLA (IMUNISASI MR).

Apa Itu Kampanye Imunisasi MR?

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya

BACA JUGA:  Meski Gratis, Layanan Deteksi Dini Kanker Rahim Ini Masih Jarang Dimanfaatkan Masyarakat

Campak & Rubella berbahayakah?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

BACA JUGA:  Dinas Kesehatan Sumenep Menggelar Advokasi dan Sosialisasi Survey Serologi Frambusi

Siapa aja yang beruntung mendapatkan imunisasi kampanye MR?

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2017.

Dimanakah bisa mendapatkan Kampanye Imunisasi MR?

BULAN AGUSTUS : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.

BULAN SEPTEMBER : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak
dan Rubella.

BACA JUGA:  Bukan Lagi Gelondongan, Dinkes ini Bakal Terapkan Puskesmas Berbasis e-Planning

Cegah penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi.

Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi Campak-Rubella (MR), GRATIS lho.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak – Rubella, dari,
Seksi Surveilans dan Imunisasi
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Dinas Kesehatan Kota Cirebon

(Visited 670 times, 2 visits today)
Tolong Bantu SHARE Jika Artikel Ini Bermanfaat,

2 thoughts on “Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

    1. Maaf coba bantu jawab ya bu..
      Jadi, jadwal pemberian imunisasi MMR dilakukan pada saat seorang anak berusia antara 15 – 18 bulan dan pemberian imunisasi MMR tambahan dilakukan pada saat anak berusia 6 tahun. Pemberian imunisasi MMR dilakukan dengan interval atau jarak pemberian minimal 6 bulan setelah pemberian imunisasi dasar campak (pada saat anak berusia 9 bulan) dan minimal 1 bulan sebelum pemberian imunisasi lain. Apabila seorang anak sudah mendapatkan imunisasi MMR pada saat anak tersebut berusia 15 – 18 bulan dan imunisasi MMR tambahan pada saat anak berusia 6 tahun, maka pemberian imunisasi dasar campak tambahan pada saat anak berusia 5 – 6 tahun tidak perlu diberikan lagi.
      Nah biasanya, kampanye imunisasi MR ini bertujuan untuk booster atau tambahan bagi yang belum mendapat imunisasi campak sejak awal atau yg sudah waktunya mendapat tambahan..

Leave a Reply

Top

Blog Ini Bermanfaat? Jika YA, Bantu SHARE!