You are here
Home > Dinkes > Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella MR

Sharing is caring!

Tahukah semuanya, ada apa di bulan Agustus – September 2017 ? Ayo sapa yg sudah tau?

Yaitu KAMPANYE IMUNISASI MEASLES – RUBELLA (IMUNISASI MR).

Apa Itu Kampanye Imunisasi MR?

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya

BACA JUGA:  Penyeliaan Pengisian Instrumen Manual Keluarga Sehat Bagi Nakes Puskesmas Astanagarib

Campak & Rubella berbahayakah?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

BACA JUGA:  Dinkes Kota Cirebon Targetkan 2019 Seluruh Puskesmas Terakreditasi

Siapa aja yang beruntung mendapatkan imunisasi kampanye MR?

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2017.

Dimanakah bisa mendapatkan Kampanye Imunisasi MR?

BULAN AGUSTUS : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.

BULAN SEPTEMBER : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak
dan Rubella.

BACA JUGA:  Dinkes Kota Cirebon Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan PTM di Puskesmas Pegambiran

Cegah penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi.

Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi Campak-Rubella (MR), GRATIS lho.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak – Rubella, dari,
Seksi Surveilans dan Imunisasi
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Dinas Kesehatan Kota Cirebon

Sharing is caring!

(Visited 35,582 times, 34 visits today)

34 thoughts on “Bulan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)

    1. Maaf coba bantu jawab ya bu..
      Jadi, jadwal pemberian imunisasi MMR dilakukan pada saat seorang anak berusia antara 15 – 18 bulan dan pemberian imunisasi MMR tambahan dilakukan pada saat anak berusia 6 tahun. Pemberian imunisasi MMR dilakukan dengan interval atau jarak pemberian minimal 6 bulan setelah pemberian imunisasi dasar campak (pada saat anak berusia 9 bulan) dan minimal 1 bulan sebelum pemberian imunisasi lain. Apabila seorang anak sudah mendapatkan imunisasi MMR pada saat anak tersebut berusia 15 – 18 bulan dan imunisasi MMR tambahan pada saat anak berusia 6 tahun, maka pemberian imunisasi dasar campak tambahan pada saat anak berusia 5 – 6 tahun tidak perlu diberikan lagi.
      Nah biasanya, kampanye imunisasi MR ini bertujuan untuk booster atau tambahan bagi yang belum mendapat imunisasi campak sejak awal atau yg sudah waktunya mendapat tambahan..

    2. Setahu saya MMR lebih lengkap karena mencakup juga gondongan/mumps. Sedangkan MR hanya campak/measles dan rubella. Masalahnya stok vaksin MMR sudah habis lama sekali jadi susah dapatnya. Jadi mending setidaknya imunisasi MR mumpung ada dan gratis 🙂

  1. Mohon maaf ingin bertanya, kalau ingin mengadakannya di desa tertentu cara mengajukannya bagaimana ya? Ke dinas kesehatan setempat atau bagaimana?

    1. Sy bantu jwb.ini imunisasi program pemerintah jd serempak bln agustus dan september.tergantung daerahnya unt agustus bisa yg dimulai anak usia 9bln s.d 7 th atau yg 7 th s.d kurang dr 15 th yg didahulukan

  2. Jadwal anak sy bln ini mau imunisasi campak..apa tdk brbahaya jk bln sept imunisasi MR..ato apakah lbih baik bln ini tdk usa imunisasi..mohon pncerahannya..

    1. Jadwal imunisasi MR di sekolah dilakukan pada bulan Agustus, dan di Posyandu pada bulan September. Jika anak ibu jadwal imunisasi Campak bulan ini, tidak mengapa, namun ada baiknya silahkan di konsultasikan kembali dengan petugas kesehatan yang ada. (Dijawab oleh Bidan Tati – Cirebon)

  3. Yth Admin : sy mau nanya efek samping dr vaksin ini ada apa engga..soaLnya sy baca di artikeL vaksin ini pengganti vaksin mmr sdgkan vaksin mmr kemungkinan resikonya ada. Mohon dibLs ya. Trims

    1. Risiko vaksin sama aja seperti yang lain. Untuk isu autis tidak terbukti. Vaksin MR gratis dari pemerintah, kenapa cuma MR gak MMR? karena Mumps dianggap kurang berisiko menyebabkan kecacatan jadi untuk menghemat pemerintah memproduksi vaksin yang mengandung Measles dan Rubella saja. (Dijawab oleh: Dr Inda Sari Siregar – Dokter di Puskesmas Sungai Guntung, Riau)

  4. Konsultasikan dg dokter anak, biar nanti dipriksa dlu anaknya..

    Tp sebenarnya utk imunisasi apalagi campak itu kan sudah ada jadwalnya.. Jadwal sesuai usia.. Coba liat kembali tabel imunisasi wajib..
    Ada usia dan ada jenis imunisasu wajib yg harus diberikan…

    Trus utk campak itu dibawah 1 tahun juga harus udah diberikan..

    Soal efek samping gak perlu khawatir, memang yg namanya kipi (kejadian ikutan pasca imunisasi) sangat dimungkinkan ada sprti gejala demam.. Tp itu masih wajar krna kan memasukkan antibodi ke dalam tubuh anak.

    Trus utk vaksi MMR ini kan buat melindungi anak dari campak, rubella dan gondong sekaligus..

    Vaksin ini memang memungkinkan trjadinya efek samping sepeti demam tp gak nular, trus campak gak nular, gondong gak nular. Tp semua itu hanya brlangsung 2-3 hari aja..hbs itu anak sembuh lagi.akan tetapi vaksin mmr lbh bagus diberikan sedini mngkin.
    Krna semakin bertambahnya usia risiko efek sampingnya lbh besar… Jd pilihannya berikan vaksin Mmr sedini mngkin…

  5. Yth admin.. Ini imunisasi MR serentak seindonesia kah ?? Atau baru di pulau jawa saja yg 2017 ini.. Dapet isu2 di pulau sumatera baru 2018 gitu.. Mohon pencerahannya..

    1. Betul, untuk Agustus – September 2017 serentak di seluruh Pulau Jawa, dan untuk Luar Jawa dijadwalkan nanti 2018. Demikian, terimakasih.

  6. Ikut tanya yaa…anak saya sudah vaksin MMR pertama umur 15 bulan dan vaksin MMR ke 2 utk boster umur 6 th…skrg anak sy umur 8.5 th…apakah masih wajib utk vaksin MR lagi disekolah nanti? Mengingat kan sudah vaksin MMR 2x…krn dl sesuai program kan MMR cukup 2x vaksin saja? Mohon pencerahannya…makasih

  7. boleh dong tahu dimana kita bisa dapatkan informasi ini, apakah semua posyandu dan Yankesmas di masing-masing daerah sama halnya dengan disini. terima kasih

    1. untuk informasi lebih lanjut, bisa di tanyakan ke Puskesmas bu. untuk Agustus – September ini baru untuk yang Jawa, sedangkan Luar Jawa menyusul di tahun depan, terimakasih.

  8. Mau ikut tanya ank sya usia 18 blan seharusy ad jadwal suntik imunisasi berhubung ad imunisasi mr blan depan jd d tunda dulu ap gpp itu lbih dri 18 bulan.

  9. Assalamualaikum,
    Sy ingin bertanya seandainya anak saya kelewatan imunisasi MR ini (karena skrg sedang domisili di Tarakan & rencana tahun depan kembali ke Surabaya). Apakah bisa imunisasi ke puskesmas langsung? Dan kira2 berapa yg hrs dibayar terimakasih. Wassalam.

  10. Mohon pencerahannya, anak saya umur 18 bln baru mnggu kemarin imunisasi DPT booster , apakah tidak apa-apa jika imunisasi MMR bulan depan atau bulan September??

  11. Pemberitaan bahaya rubella sudah diketahui banyak orang dan pemberitaan trsebut seakan sangat bahaya utk wanita hamil tapi Maaf saya belum paham, imunisasi tsb utk anak dibawah usia 15 tahun, bagaimana dengan remaja atau wanita dewasa di atas umur tersebut??
    Bagaimana jika tidak tahu apakah sudah imunisasi atau belum saat kecil?
    Terimakasiih,

  12. Anak saya waktu umur 15 bulan sudah imunisasi mmr. Umurnya sekarang 4 tahun 10 bulan, apakah ikut imunisasi MR pada agustus 2017 besok?
    Dari beberapa info yg saya dapat pengulangannya saat anak umur 6 tahun atau setara sd. Apakah ikut atau tidak ya? Menunggu saat anaknya umur 6 tahun?

    Terimakasih

    1. Untuk Ibu Listya, jika saat ini anak anda sekolah PAUD/ TK, maka petugas imunisasi akan mendatangi sekolah anak anda tersebut. Jika belum sekolah, maka petugas Posyandu yang akan mendatangi anda untuk melakukan imunisasi. Imunisasi MR kali ini tidak melihat status imunisasi sebelumnya. Selama usia anak tsb 9 bulan s/d 15 th, di imunisaasi sesuai jadwal setempat. Untuk Agustus – September 2017, baru di Pulau Jawa, dan Luar Jawa, dijadwalkan mulai tahun depan. Terimakasih.

  13. Kemaren saya baca di beberapa Internet.
    Tahun 2017 menjadi tahun penting, karena di tahun ini kementerian kesehatan mencanangkan penambahan 4 vaksin baru yang wajib diberikan pada anak. Termasuk diantaranya ialah vaksin rubella gratis (vaksin MR), vaksin kanker serviks (HPV), vaksin pnemokokus (pneumo) untuk mencegah radang paru-paru, dan vaksin pencegah radang otak (JE).
    Berarti ke4 vaksin itu sudah masuk kedalam vaksin wajib pemerintah. Setau saya kalo vaksin wajib berarti disubsidi pemerintah. Apakah benar??
    Sementara ini yg geratis untuk 2bulan (agustus september) MR.
    Tolong dibantu jawab terimakasih

    1. Selamat pagi Bu Yuli, tetap harus dapet vaksinasi MR, karen sasaran 9 bln s/d 15 th, tanpa memandang riwayat immunisasi sebelumnya. Terimakasih.

  14. Siang menjelang sore min,,mau tanya;”anak Sy sewaktu imunisasi di saat usia 9bulan dan pada saat usia 1,5thn tdk melakukan imunisasi seharusnya di jadwalkan,dikarenakan anak kU sedang batuk pilek dan demam.sekarang usia nya baru 5thn 3bln,bilamana ikut Progam suntik MR ini ada dampak nya atw bagaimana??mohon pencerahannya terimakasih

    1. Selamat pagi Ibu Nietha. Mohon maaf baru membalas pesan ibu sekarang. Pada prinsipnya, Imunisasi MR ini berlaku untuk semua anak usia 9 bulan s.d 15 tahun. Artinya, jika skrg anak ibu usia saat ini 5 tahun, tentu wajib di Imunisasi MR. Imunisasi MR ini juga tidak melihat riwayat imunisasi sebelumnya. Saat ini baru di Pulau Jawa saja, dan untuk Luar Jawa diagendakan pada tahun depan. Demikian informasi dari kami, terimakasih.

  15. Pada tanggal 18 Juli 2017 kemaren anak saya sudah mendapatkan vaksin campak (9 bulan) dari puskesmas, apakah pada bulan september nanti perlu lagi imunisasi MR?Mohon pencerahannya.tks

  16. Selamay malam Boleh tidak jika anak sedang sakit batuk,pilek,demam dberikan vaksin MR,dari sakit itu bisa salah satunya atau ketiganya,terimakasih

  17. selamat sore,
    anak saya ketinggalan vaksin serentak di sekolahnya dikarenakan kena flu. dimana lagi ya sy bisa mendapatkannya. dan bila di luar sekolah, apakah ada biaya nya?
    terima kasih

    1. Selamat malam, mohon maaf baru bisa balas komentar anda sekarang. Jika di sekolah belum sempat di vaksin, silahkan anda datang ke Puskesmas untuk mendapatkan informasi lebih detil. Untuk tahap awal ini, kegiatan serentak dilakukan di sekolah, dan nanti dilanjutkan di Posyandu di lingkungan masing-masing. Program Kampanye Imunisasi MR ini dijadwalkan berlangsung selama Agustus – September ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Top