Strategi Transformasi Teknologi Kesehatan Oleh Kesmas.id

Pada era digital saat ini banyak sekali orang yang sudah bisa mengakses berbagai macam platform digital yang tersedia baik dengan keterampilan membaca dan menonton. Akan tetapi masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan era digital dengan efektif dan kreatif melalui keterampilan menulis. Terlebih mereka yang belum memahami bagaimana cara menyalurkan keterampilan menulisnya.

Padahal keterampilan menulis bisa dimulai dari kapan saja dan dimana saja. Misalnya dengan memulai menulis tentang kegiatan yang sedang dilakukan atau yang telah dilakukan dan membaginya ke platform digital. Kegiatan membagikan tulisan tersebut juga dapat dilakukan oleh siapapun seperti remaja, orang tua, tokoh masyarakat, masyarakat umum, tenaga kesehatan maupun pemerintah dengan mudah di era digital saat ini.

Hal ini dikarenakan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih menjadikan keterampilan menulis perlu diasah dan dikembangkan dengan baik diberbagai bidang agar tidak tertinggal  Cara termudah mengembangkan keterampilan menulis yaitu dengan mengikuti pelatihan menulis dan magang.

Di bidang kesehatan sendiri terdapat salah satu platform digital yang memberikan fasilitas berupa pelatihan menulis dan magang yaitu Kesmas-ID. Pelatihan dan magang yang dilakukan oleh Kesmas-ID ini berasal dari salah satu pilar program transformasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan yaitu pilar keenam Teknologi Kesehatan. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya era digital yang membuat dunia kesehatan di Indonesia perlu beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital ini.

Tenaga kesehatan yang menjadi kelompok yang paling terdampak dari program transformasi kesehatan. Hal tersebut membuat tenaga kesehatan perlu memiliki keterampilan menulis yang baik agar dapat menyampaikan informasi kesehatan dengan akurat dan dapat memberikan edukasi tentang isu kesehatan kepada masyarakat luas.

Walaupun Kesmas-ID hanya berfokus pada bidang kesehatan tetapi pelatihan dan magang yang diselenggarakan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dan Puskesmas Se-Tasikmalaya tidak hanya diikuti oleh tenaga kesehatan saja tetapi oleh orang-orang yang berasal dari berbagai bidang seperti saya sendiri yang berasal dari ilmu politik.

Karena materi dasar dalam menulis yang disampaikan oleh Kang Niwa pada kegiatan pelatihan yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 06 Juli 2024 sangat general dan dapat diikuti oleh semua kalangan dari bidang apa pun.

Materi dasar yang disampaikan sebelum menulis, yang pertama adalah menentukan target pembaca agar bahasa yang digunakan dapat tersampaikan dengan baik.

Kedua, menentukan ide tulisan dengan mengidentifikasi masalah yang dialami oleh target pembaca agar terlihat perbedaannya oleh pembaca.

Ketiga, menentukan judul yang menarik agar membuat target pembaca penasaran.

Keempat, pemilihan gambar atau ilustrasi disesuaikan dengan emosi pembaca agar dapat memberikan gambaran yang jelas tentang yang disampaikan.

Kelima, optimasi SEO yakni dengan memperhatikan keyword baik pada judul, penamaan gambar, kalimat pertama di paragraf pertama serta lakukan internal dan eksternal link.

Dengan demikian materi dasar yang saya dapatkan diharapkan memberikan manfaat awal yakni sebagai media yang baik dalam berbahasa, berkomunikasi, belajar, serta menjadikan kehidupan sehari-hari lebih produktif kedepannya. Walaupun saya bukan berasal dari bidang kesehatan tetapi harapan saya setelah mengikuti pelatihan menulis dan magang ini selama 3 bulan akan memberikan peluang untuk dapat menghasilkan karya berupa tulisan yang berkualitas, informasi yang valid dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas tentang edukasi pada isu-isu kesehatan.

Referensi :

https://kemkes.go.id/id/layanan/transformasi-kesehatan-indonesia (Diakses pada 07 Juli 2024).

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

One response to “Strategi Transformasi Teknologi Kesehatan Oleh Kesmas.id”

  1. Semogaaa harapan 3 bulannya terlaksana yaaa kak, semangaaat🔥🙌🏻✨

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis