Closing the Gap on Health Inequality Through Collaboration on Social Deteminants of Health
Kegiatan 3rd International Conference on Social of Determinants Health (ICSDH) ini adalah seminar Internasional yang secara rutin diselenggarakan oleh fakultas ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Kegiatan ICSDH ini terselenggara pada Sabtu, 31 Juli 2021, dalam bentuk virtual.

Kegiatan 3rd International Conference on Social of Determinants Health (ICSDH) “Closing the Gap on Health Inequality Through Collaboration on Social Deteminants of Health“ ini adalah seminar Internasional yang secara rutin diselenggarakan oleh fakultas ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Kegiatan ICSDH ini terselenggara pada Sabtu, 31 Juli 2021, dalam bentuk virtual.

Kegiatan ICSDH kali ini mengundang 4 narasumber sesuai dengan bidang kepakarannya, dibagi kedalam 2 sesi untuk pemaparan materinya. Sesi Pertama diisi oleh Prof. Dr. Winai Dahlan dari The Halal Science Center Chulalongkorn University-Bangkok, Thailand, memaparkan mengenai 1st and 2nd Generation of Halal Science and Technology Implication and Human Well-being. Kemudian dilanjutkan oleh Pemateri Kedua yaitu Prof. Dr.Ferry Jie dari University of Sidney, yang membahas mengenai Halal Food Supply Chain Management During and Post Covid-19. Pada sesi pertama dimoderatori oleh Mira Sofyaningsih, S.TP, M.Si yang merupakan Dosen dari Prodi Gizi UHAMKA sekaligus Auditor Halal LPPOM MUI.

BACA JUGA:  Ini Dia Serunya Public Health Debate Pema FKM USU 2018

3rd International Conference on Social of Determinants Health UHAMKA 2021

Pada sesi Kedua, materi disampaikan oleh Prof. Jesus C.Fernandez. Ph. D dari SEAMEO RECFON, materi yang disampaikan adalah Food Security and Triple Burden of Malnutrition in Urban Area. Dan pemateri terakhir merupakan pakar dan praktisi serta perwakilan dari organisasi Persatuan Ahli Gizi Indonesia yaitu Dr. Entos Zainal, DCN, MPH yang membahas mengenai Triple Burden of Malnutrition and The Role of Professional Organization. Pada sesi ini dimoderatori oleh Mouhmamad Bigwanto, MPHM, yang merupakan wakil dekan bidang akademik di FiKes UHAMKA.

Menurut Ketua Pelaksana, Imas Arumsari, S.Gz, M.Sc, kegiatan ini dibuat untuk mengintegrasikan kondisi pandemik Covid-19 saat ini dengan pangan halal, rantai suplai pangan halal, gizi, dan ketahanan pangan dan menghasilkan update terkini dalam bidang gizi dan kesehatan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 483 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, dosen dan praktisi di bidang gizi dan kesehatan masyarakat sebanyak.

Menurut Novia Nuraini salah satu peserta yang merupakan seorang pendidik dan tenaga praktisi, kegiatan ini dapat menjembatani gap/ kesenjangan antara akademisi dengan praktisi, seorang praktisi akan mampu meng update keilmuan dari studi atau pun teori terkini dan akademisi akan mendapatkan empiris dari praktisi sebagai solusi masalah kesehatan terlebih lagi dimasa pandemi ini.

(Visited 39 times, 1 visits today)