Mahasiswa Kesmas Universitas Mega Buana Polopo Wujudkan Kelurahan Luminda BERSINAR

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Kesmas Universitas Mega Buana Polopo Wujudkan Kelurahan Luminda BERSINAR

Kelurahan Luminda adalah sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan. Secara geografis sebelah utara berbatasan dengan Salubulo, sebelah timur berbatasan dengan Sabbamparu, sebelah selatan berbatasan dengan Tamarundung, dan sebelah barat berbatasan dengan Pattene. Kelurahan Luminda merupakan salah satu kelurahan yang dijadikan tempat melaksanakan kegiatan KKN-P. Ini merupakan pertama kali dilaksanakannya KKN-P di Kelurahan Luminda.

Adapun program yang dirancang oleh mahasiswa KKN-P salah satunya yaitu sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Kelurahan Luminda Bersih Narkoba (Bersinar). Dalam hal ini yang bertandatangan berkomitmen untuk melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk mewujudkan Kelurahan Luminda Bersih Narkoba (BERSINAR). Adapun jumlah peserta dalam kegiatan ini berjumlah 11 orang yang mewakili diantaranya yaitu perangkat Kelurahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, RT/RW, Kader Posyandu, BNN Kota Palopo, Ketua LPMK, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua Prodi Kesmas Universitas Mega Buana Palopo, Penyuluh Narkoba, Ketua PKK, dan Mahasiswa KKN-P di Kelurahan Luminda.

Dalam kegiatan ini sebelum dilaksanakan penandatanganan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi oleh BNN Kota Palopo yang bertemakan Fasilitas dan Asistensi Kelurahan Luminda BERSINAR (Bersih Narkoba). Kegiatan ini dilaksankan pada tanggal 27 Mei 2024 yang berlangsung selama 4 jam di aula kantor Kelurahan Luminda. Program ini terlaksana dengan baik, hal ini berkat dukungan dari seluruh pihak terkait di Kelurahan Luminda yang dengan penuh semangat dan antusias sehingga program yang dilaksankan benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan tujuannya oleh kelompok sasaran.

Latar belakang dilakukannya kegiatan ini adalah berdasarkan pemetaan yang dilakukan BNN bahwa Kelurahan Luminda merupakan salah satu wilayah rawan yang harus di intervensi terkait pencegahan narkoba. Dikarenakan kesehatan hal yang terpenting yang harus dijaga sehingga sehubungan hal ini dengan melakukan sosisalisasi dengan penandatanganan komitmen bersama dapat mewujudkan Kelurahan Luminda Bersih Narkoba.

Antusias warga yang besar membuat kami selaku mahasiswa KKN-P menjadi bersemangat dalam melakukan tugas kami. Sehubungan dengan diadakan sosialisasi ini kami juga melaksanakan KKN-P hal ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang khususnya seluruh masyarakat Kelurahan Luminda terkait bahaya Narkoba. Sosialisasi ini dilakukan dan dipandu sendiri oleh pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidang ini sehingga diharapkan materi yang disampaikan dapat diserap sempurna oleh masyarakat Kelurahan Luminda dalam berkomitmen untuk melaksanakan pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kami harapkan hal ini dapat berkelanjutan pada KKN periode berikutnya, karena hal ini dirasa sangat berguna/bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Luminda. Dari bukti inilah melalui penandatanganan komitmen bersama dapat mewujudkan Kelurahan Luminda Bersih Narkoba (BERSINAR).

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis