RS Roemani Kembali Serahkan Sertifikat Pasien Sembuh

RS Roemani Kembali Serahkan Sertifikat Pasien Sembuh

Pada hari selasa 10 Oktober 2023, RS Roemani Kembali melaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion). Bertempat di Kafe Tepian Kopi Taman Kasmaran Jalan Dr. Sutomo Semarang. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh Pasien TBC RO (Resisten Obat) Keluarga Pasien, Pasien Suporter dan juga perwakilan dari RS Roemani yang terdiri dari Tim TBC dan juga perwakilan manajemen. Dinas Kesehatan Kota semarang juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Tujuan dari kegiatan FGD memberikan pengetahuan tentang TBC RO dari berbagai aspek bahasan seperti efek samping, pengalaman dari beberapa pasien dalam pendampingan, Gizi Pasien dan pengetahuan lain kepada pasien TBC RO dan keluarga yang mengantar untuk menguatkan komitmen dalam menjalani pegobatan TBC RO. Kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan jaga jarak dan memakai masker dan tersedia alat untuk mencuci tangan.

Narasumber FGD pada kesempatan tersebut dr. Ridhona Fajar Sari, MKM selaku Ketua Tim TBC RS Roemani. Beliau menyampaikan tentang pentingnya TPT (Terapi Pencegahan TBC) karena penularan penyakit TBC sangat cepat melalui udara dan dapat bertahan di udara selama beberapa jam. Bakteri ini akan menularkan pada orang terdekat dengan pasien terinfeksi TBC ketika pasien TBC tidak menutup mulutnya waktu batuk, bersin atau meludah disembarang tempat.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan sertifikat untuk pasien yang sudah sembuh dari pengobatan TBC RO. Ada 5 pasien yang menerima sertifikat kesembuhan mereka rata-rata menjalani penggobatan selama 2 tahun. Salah satu pasien Ny M 65 tahun beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada RS Roemani baik dokter, perawat dan juga pasien supporter yang sudah mendampinggi selama menjalani pengobatan.

Tidak hanya diobati tapi juga mendapat bantuan sembako dari LazisMu. Beliau juga memberikan semangat, kepada sesama pasien yang masih menjalani pengobatan beliau berpesan jangan bosan dan jangan menghentikan pengobatan sendiri. Total Pasien sembuh TBC RO ada 12 Pasien dari sejak Roemani membuka layanan TBC RO tahun 2021.

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis