Nunukan - Sabtu, 16/9, Puskesmas Tulin Onsoi melakukan sosialisasi kawasan tanpa rokok pada anak sekolah dasar. Ini pertamakalinya untuk sekolah dasar.

Nunukan – Sabtu, 16/9, saya Heryadi. Amd.Kep, sebagai Penanggung Jawab Program Penyakit Tidak Menular (PTM) bersama rekan-rekan dari Puskesmas Tulin Onsoi melakukan sosialisasi kawasan tanpa rokok pada anak sekolah dasar.

Kali ini saya berkunjung ke SD Negeri 007 yang berlokasi di Desa Sanur Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Sosialisasi kawasan tanpa rokok untuk anak sekolah, ini merupakan kegiatan ketiga kalinya yang Puskesmas Sanur laksanakan.

Semoga, Semua Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Sanur Dapat Menerapkan KTR-1

Pertama dilaksanakan di SMPN 1 Tulin Onsoi, Kedua di SMKN 1 Tulin Onsoi dan yang Ketiga di SDN 007 Desa Sanur ini.

BACA JUGA:  Usaha Berhenti Rokok Warga Desa Balatikon Dengan Bambu STOP Rokok

Untuk kegiatan di SDN 007, ini adalah pertamakalinya untuk tingkat sekolah dasar, dan kegiatan berikutnya di sekolah dasar yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sanur.

Jumlah sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sanur ada 11 sekolah, yaitu dua SMP, satu SMKN dan delapan sekolah dasar.

Dari 11 sekolah tersebut, yang sudah menerapkan kawasan tanpa rokok baru satu sekolah, yaitu SMPN 1 Tulin Onsoi sebagai percontohan bagi sekolah lain yang ada d wilayah kerja Puskesmas Sanur.

Puskesmas sanur akan selalu bekerja sama dengan pihak sekolah untuk dapat menerapkan kawasan tanpa rokok dilingkungan sekolah.

Landasan hukum kami yaitu peraturan pengendalian dampak rokok tehadap kesehatan UU No.36/2009 tentang kesehatan, PP No.109/2012 tentang pengamanan bahan yang mengadung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan. Dan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.64 Tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

Harapan kami dari pihak Puskesmas Sanur, semoga kedepan, semua sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sanur dapat menerapkan kawasan tanpa rokok dan mendapat dukungan dari pihak sekolah.

BACA JUGA:  Tim Saber Pungli Sergap Bagi-bagi Uang Puskesmas Jatinom Klaten

Semoga, Semua Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Sanur Dapat Menerapkan KTR-2

(Visited 477 times, 2 visits today)