UPTD Puskesmas Tinewati Melaksanakan Kegiatan Prolanis Di Masa Pandemi Covid-19
Tujuan kegiatan ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indicator 75 % peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertamamemiliki hasil ”baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Jum’at, 19 Februari 2021 UPTD Puskesmas Tinewati Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya yang lebih tepatnya beralamat di Jl. Raya Barat Singaparna Desa Singasari untuk pertama kalinya di masa Pandemi Covid-19 melaksanakan kegiatan PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang biasanya dilaksanakan setiap bulan hari Jum’at minggu ke-3. Kegiatan ini merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Tujuan kegiatan ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75 % peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertamamemiliki hasil ”baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

BACA JUGA:  Program Prolanis Puskesmas Losarang, Badan Sehat Kualitas Hidup Meningkat

Kegiatan Prolanis ini diikuti sekitar 50 orang peserta BPJS Kesehatan yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tinewati. Peserta yang mengikuti kegiatan ini wajib melaksanakan Protokol Kesehatan yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Tinewati untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu peserta sebelum memasuki UPTD Puskesmas Tinewati harus dicek suhu tubuh, Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan air yang mengalir (CTPS), memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas atau lebih dikenal 5M.

Kegiatan Prolanis Puskesmas Tinewati Kecamatan Singaparna

Dalam kegiatan PROLANIS kali ini para peserta menjalani pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, penyuluhan kesehatan oleh petugas Promkes yang pada kesempatan ini menyampaikan materi tentang COVID-19, pembagian masker dan pengecekan TG, Kolesterol, HDL, LDL, Ureum, kreatinin, mikro albumin yang dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kimia Farma Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Semoga kegiatan PROLANIS ini bisa tetap dilaksanakan setiap bulannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 atau dengan New Normal sehingga para peserta PROLANIS bisa mengontrol kesehatannya.

BACA JUGA:  Menkes Minta Dinkes Cilacap Lihat Ekses Industri Besar ke Kesehatan Masyarakat

Terimakasi atas suportnya untuk Kepala UPTD Puskesma Tinewati Hj. Dais Nuronia, S.ST., S.KM., M.Si. dan terimaksaih atas kerjasamanya untuk tim kerja PROLANIS, BPJS Kesehatan Kab.Tasikmalaya, Lab. Kimia Farma Singaparna, Pengelola Program PTM, Pengelola Program Lansia, Pengelola Program Gizi, Pengelola Progran Surveilan Epidemiologi dan Pengelola Program Promkes.

Kegiatan Prolanis di Masa Pandemi

Penulis:
Aid Fitriyana Hidayat, S.KM
Promkes Puskesmas Tinewati

(Visited 70 times, 1 visits today)

Sharing is caring!