UPTD Puskesmas LKJ Laksanakan MMD di Alue Sapek Tripa
Dalam sambutannya, Kepala UPTD Puskesmas Lueng Keubeu Jagad Fitri Darmawati menyampaikan,”Bulan lalu Tim sudah melaksanakan kegiatan Survei Mawas Diri di wilayah dengan menggunakan system sampel. Jadi MMD ini adalah tindak lanjut dari SMD untuk membahas hasil survei tersebut.“.

UPTD Puskesmas Lueng Keubeu Jagad, Kecamatan Tripa Makmur, Kab. Nagan Raya menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa Bidang Kesehatan bertempat di Alue Sapek pada Kamis, 18 Februari 2021. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa/ Geucik Kabu, Kepala Dusun, Ketua Pemuda, Ketua Tuha Peut, Kader Posyandu, serta masyarakat gampong. Kegiatan MMD dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan 3M dalam situasi pandemi.

Dalam sambutannya, Kepala UPTD Puskesmas Lueng Keubeu Jagad Fitri Darmawati menyampaikan,”Bulan lalu Tim  sudah melaksanakan kegiatan Survei Mawas Diri di wilayah dengan menggunakan system sampel. Jadi MMD ini adalah tindak lanjut dari SMD untuk membahas hasil survei tersebut.“.

Secara rutin, Puskesmas Lueng Keubeu Jagad selalu melaksanakan kegiatan SMD dan MMD di wilayah kerja setiap tahun yang di motori oleh Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Tim SMD yang melakukan survei yaitu petugas promkes, bidan desa, dan kader. Dengan melibatkan kader adalah kunci utama dalam pemberdayaan masyarakat guna melatih kemawasan masyarakat secara mandiri.

BACA JUGA:  Bukan Ajarkan Cara Seks Bebas, Tapi Sebagai Ilmu Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja

Terdapat  permasalahan kesehatan yang ditemukan diantaranya, masih rendahnya sanitasi lingkungan di wilayah karena ada beberapa rumah yang tidak memiliki Jamban Sehat. Adapun Jamban yang tersedia ada yang tidak memenuhi syarat kesehatan, bahkan ada keluarga yang tidak memiliki Jamban/WC. Selain hasil SMD, Puskesmas juga menggunakan data PIS-PK Keluarga Sehat untuk disampaikan dalam forum musyawarah.

MMD di Alue Sapek Tripa

Disisi lain, Kepala Desa Kabu Bapak Darmisar sangat mendukung acara kegiatan MMD ini, “Saya secara pribadi dan mewakili masyarakat desa sangat senang dengan kehadiran Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan MMD di desa terpencil Alue Sapek ini, walaupun jauh, melewati jalan rusak berbatu. Masalah sanitasi di desa kita masih rendah, karena letaknya jauh dari kota dan dikelilingi Kebun Sawit luas apalagi jalan yang rusak.”

Kabar baiknya dari pihak desa menyampaikan bahwa ada perbaikan jalan di Alue Sapek ini. “Saya dapat angin surga, mudah-mudahan tahun ini lolos untuk perbaikan jalan di sini,” tambah Geucik Darmisar.

Dengan dilaksanakannya kegiatan MMD ini, Puskesmas berharap masalah Kesehatan yang ada di desa dapat diselesaikan bersama-sama. Dukungan dari sektor lain ini menjadi lengkap dalam bergerak karena ada beberapa hal yang tidak bisa di lakukan dari pihak puskesmas, namun dapat dilakukan dari sektor lain.

(Visited 54 times, 1 visits today)