Refreshing Kader Sebagai Langkah Memaksimalkan Keberadaan Posyandu

Refreshing kader Posyandu merupakan salah satu kegiatan dari beberapa kegiatan yang diadakan oleh UPT Puskesmas Mekarmukti. Kegiatan ini dilakukan 2 kali yang bertempat di Aula Desa Mekarmukti dan Aula Desa Cijayana.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 228 kader kesehatan yang tersebar di 5 desa Kecamatan Mekarmukti yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Mekarmukti. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para kader dalam hal meningkatkan kegiatan pelayanan kesehatan di posyandu.

BACA JUGA:  Dukung Program Germas, 2 Desa Ini Adakan Lomba Senam Sehat Antar Dusun!

Seperti yang kita ketahui, kader merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, karena mereka lah yang paling dekat dengan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dilakukan sendiri oleh masyarakat tersebut akan memberikan feedback yang positif dari masyarakat itu sendiri.

Akan tetapi, tidak sedikit juga kader yang memiliki kendala dalam hal intervensi permasalahan kesehatan kepada masyarakatnya sendiri. Hal ini dikarenakan, ada beberapa masyarakat yang masih berpegang teguh kepada keyakinannya sendiri untuk mengatasi permasalahan kesehatan tersebut.

Maka dari itu, banyak dari kader yang mengeluhkan kepada petugas kesehatan apabila ada beberapa masyarakat yang misalnya, tidak mau menimbangkan balitanya ke posyandu, ataupun ibu hamil yang tidak mau memeriksan kehamilannya ke bidan, itu menjadi salah satu permasalahan yang menghambat tercapainya derajat kesehatan di masyarakat.

BACA JUGA:  Ribuan Orang Hadiri Gathering Kader Kesehatan se Kabupaten Sragen 2018

Maka dari itu, diadakan kegiatan refreshing kader ini agar dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan baik bidan, perawat, promkes, gizi, kesling dan yang lainnya kepada kader ataupun sebaliknya untuk bertukar pikiran mengenai permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

Dengan begitu, kader mendapatkan solusi terkait permasalahan tersebut dan tenaga kesehatanpun mengetahui lebih detail permasalahan yang ada di lapangan, dengan demikian dapat disusunlah strategi pemecahan masalah oleh tenaga kesehatan dan juga kader untuk menangani permasalahan tersebut.

Selain itu, kegiatan refreshing kader ini dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan untuk mentransferkan ilmu yang dapat diaplikasikan oleh kader seperti 5 langkah posyandu dan juga segala hal tentang administrasi posyandu, yang meliputi pengisian SIP, buku register yang lainnya, dan juga cara membaca buku  KMS. Sehingga, kader dapat melakukan komunikasi antar personal yang efektif kepada ibu yang memiliki bayi balita dan juga ibu hamil dengan melihat buku KMSnya. Hal ini dianggap sangat penting untuk kader ketahui karena merekalah yang paling dekat dengan masyarakat ketika terjadi permasalahan kesehatan.

BACA JUGA:  Refreshing Kader Posyandu Puskesmas Bulu Taba Mamuju Utara

Harapan dari tenaga kesehatan dengan adanya kegiatan refreshing kader ini, kader dapat memaksimalkan keberadaaan posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu, memacu motivasi dan semangat dari para kader dan juga tenaga kesehatan untuk bersinergi membangun masyarakat yang sehat.

Penulis:
Upik Pita Damayanti
Tenaga Promkes Nusantara Sehat Batch 6 Tahun 2019
UPT Puskesmas Mekarmukti Garut

Sharing is caring!

(Visited 153 times, 1 visits today)