Santri Ponpes Kyai Galang Sewu dapat Edukasi Kesehatan Kulit

Belum Mondok Kalau Belum Gudik? Santri Ponpes Kyai Galang Sewu dapat Edukasi Kesehatan Kulit

Semarang, Sabtu, 11 Mei 2024, Klinik kulit Seby Semarang bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Impressive Santri mengadakan kegiatan edukasi dan konsultasi kesehatan kulit di Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu, Tembalang, Semarang. Materi disampaikan oleh dr. Habibah dari Klinik Seby yang menyampaikan edukasi mengenai tiga jenis penyakit kulit yang umum ditemui di lingkungan pesantren.

Dalam penjelasannya, setidaknya ada tiga jenis penyakit kulit yang umum dijumpai di lingkungan pesantren yakni alergi, infeksi, dan skabies. Skabies menurut banyak penelitian banyak terjadi di kalangan santri, terutama yang tinggal di asrama padat penduduk.

Terdapat tanda khusus penyakit skabies yang membedakannya dari penyakit kulit lainnya antara lain gatal pada malam hari, menyerang manusia secara berkelompok, ditemukan terowongan pada tempat predileksi, dan ditemukan tungau. Skabies seringkali sulit dihilangkan karena adanya kasus ping-pong dan stigma yang kuat. dr. Habibah berpesan bahwa untuk menjadi santri yang impressive, maka perlu menghentikan menormalisasi “belum mondok kalau belum gudik”.

Selain skabies, penyakit kulit lain yang seringkali menyerang santri antara lain kasus alergi. Untuk mencegah kasus alergi, hal yang bisa dilakukan adalah menghindari faktor pencetus alergi dan menjaga kulit agar tetap lembab. Sedangkan kasus infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur. Penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi antara lain Dermatitis vernenata yang diakibatkan oleh paparan serangga tomcat.

Penyakit kulit seringkali dianggap sepele padahal rasa gatal yang tak kunjung reda dapat mempengaruhi kualitas belajar dan tidur para santri yang umumnya berusia muda. Untuk mencegah timbulnya penyakit kulit, para santri dihimbau untuk rajin menjaga kebersihan dan segera menemui tenaga kesehatan jika ditemukan gatal-gatal di kulit yang tak kunjung sembuh agar segera mendapatkan penanganan.

Kabar baiknya, Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu memiliki Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dengan kader-kader kesehatan santri yang aktif mengedukasi, menghimbau, dan merujuk santri yang sakit ke tenaga kesehatan terdekat. Hal tersebut tidak terlepas dari support dan bantuan pengasuh pesantren yang memiliki kesadaran tinggi akan kesehatan para santrinya, termasuk menginisiasi kerjasama dengan tenaga-tenaga kesehatan untuk mempermudah akses kesehatan bagi para santri.

Rangkaian acara ‘Seby Goes to Pesantren‘ kemudian diakhiri dengan sesi konsultasi keluhan kulit secara gratis. Terdapat total 35 santri putra maupun putri yang mendaftarkan diri pada sesi konsultasi dengan keluhan kulit beragam, dari mulai skabies, alergi, hingga kulit berjerawat untuk kemudian mendapatkan obat dan resep secara gratis.

Sebagai tindak lanjut kegiatan, disepakati pula kerjasama antara Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu dengan Klinik Seby Semarang. Santri yang memiliki keluhan kulit, dapat mengakses konsultasi online maupun offline Klinik Seby secara gratis. Semoga program serupa dapat dilaksanakan di lebih banyak lagi pondok pesantren di Indonesia ya!


Impressive Santri: LSM yang bergerak di bidang kesehatan dan pemberdayaan dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan & kapasitas santri di pondok pesantren.

Impressive Santri didirikan tahun 2017 oleh para Sarjana Kesehatan Masyarakat yang menyadari bahwa santri di pondok pesantren merupakan vulnerable community penyakit-penyakit menular.

Kontak Informasi:

Impressive Santri
Semarang, Jawa Tengah
+62 821 2221 5193
impressive.santri@gmail.com
Legalitas : Kemenkumham
Nomor : AHU-0005421.AH.01.07.TAHUN 202

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis