Benarkah Imunisasi Bisa Sebabkan Kematian

Benarkah Imunisasi Bisa Sebabkan Kematian?

Ada banyak mitos yang nyatanya sampai sekarang masih dipercaya seputar imunisasi.

Salah satunya adalah bahwa imunisasi memiliki kerugian dan efek samping yang fatal hingga berakibat kematian.

Faktanya, imunisasi sama sekali tidak memberi dampak negatif pada tubuh kita, seperti yang dijelaskan oleh dr. Prima Yosephine, MKM.

“Ada anak habis diimunisasi lalu lumpuh, katanya karena imunisasinya. Setelah dicek, ternyata karena dia sudah ada TB tulang,” jelas dr. Prima yang juga menjabat sebagai Ketua Sub Direktorat Imunisasi Kementerian Kesehatan ini.

Menurut dr. Prima, ketakutan masyarakat karena banyaknya mitos yang tak benar mengenai imunisasi membuat masyarakat tak percaya lagi pada manfaat vaksin.

Padahal, bila tak melakukan imunisasi, tentunya akan memberi dampak yang jauh lebih fatal.

Mengenai mitos imunisasi dapat menyebabkan kematian, dr. Prima menjelaskan, apapun jenis imunisasi atau vaksin diberikan untuk melakukan pencegahan pada suatu penyakit.

Apabila ditemukan efek samping, yang mana saat ini hanya terjadi pada satu di antara puluhan juta orang, berarti memang adalah kejadian khusus yang tidak bisa digeneralisasi pada setiap orang.

“Makanya, dalam setiap imunisasi, disarankan bagi orangtua untuk menunggu dulu setengah jam, dokter pun juga diminta untuk menunggu setengah jam, untuk melihat apakah imunisasi tersebut menimbulkan demam atau efek samping lain,” jelas dr. Prima.

Dr. Prima menekankan, pada kasus anak yang mengalami efek samping setelah diberi imunisasi, harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Faktanya, mereka memang sudah memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum divaksin, dan muncul tepat setelah divaksin.

“Namun, bukan karena pengaruh imunisasinya,” tutup dr. Prima.

SUMBER

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis