Cegah Hipertensi, Mahasiswa Kesmas Unsil Luncurkan Program “Rakit Sesi”

Cegah Hipertensi, Mahasiswa Kesmas Unsil Luncurkan Program “Rakit Sesi”

Senin, 3 Juni 2024 mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi meluncurkan program “RAKIT SESI” (Gerakan Budidaya Timun untuk Kesehatan Tensi) yaitu program budidaya sayuran berbasis masyarakat untuk mencegah darah tinggi atau hipertensi.

Acara launching program tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Acara ini diadakan untuk mensosialisasikan, meresmikan, dan sebagai bentuk penyerahan program “RAKIT SESI” dari kelompok kepada para Stake Holder untuk nantinya dapat dijalankan. Hal tersebut ditandai dengan pemotongan pita, penandatangan surat keputusan oleh Bapak Lurah Kelurahan Ciakar, serta penyerahan sertifikat kepada Kelurahan Ciakar, Puskesmas Cibeureum, para Kelompok Warga Tani (KWT) Melati Kelurahan Ciakar, dan BPP (Badan Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Cibeureum.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekertaris Camat, Kepala Puskesmas Cibeureum, Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Universitas Siliwangi, Rian Arie Gustaman, para kader, karang taruna, dan para ketua RW Kelurahan Ciakar.

Program ini bertujuan untuk memperbaiki pola makan masyarakat menjadi lebih baik dan sehat, sehingga kejadian hipertensi dapat terkontrol dengan cara mengonsumsi sayuran hasil tanam yang dibudidayakan oleh warga di Kelurahan Ciakar itu sendiri. Jadi pelaksanaan RAKIT SESI ini akan dikelola oleh para Kelompok Warga Tani (KWT) Melati Kelurahan Ciakar yang didampingi BPP (Badan Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Cibeureum dan akan didistribusikan oleh para kader di posbindu tiap RW dalam kurun waktu 1 kali perbulan kepada warga yang datang untuk cek tekanan darah dan memiliki risiko hipertensi.

Dalam acara launching program tersebut, dijelaskan bahwa terciptanya RAKIT SESI ini dilatarbelakangi oleh riwayat hipertensi yang menjadi penyakit terbanyak ke-3 setelah demam dan asam lambung yang diperoleh dari hasil wawancara ke 150 warga Kelurahan Ciakar dan juga dilihat dari segi besar masalah, kegawatan masalah, serta kemudahan untuk ditanggulangi. Hal tersebut didukung dengan Data dari Puskesmas Cibeureum bahwa jumlah pasien dengan penyakit hipertensi di Wilayah UPTD Puskesmas Cibeureum khususnya di Kelurahan Ciakar yaitu sebanyak 350 orang. Hasil wawancara juga menunjukan bahwa pola makan yang kurang baik menjadi pemicu hipertensi.

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik pada tubuh seseorang lebih dari atau sama dengan 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg.

Jika tekanan darah tidak terkontrol, hipertensi dapat meningkatakan risiko terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, kerusakan retina, penyakit ginjal, stroke, penyakit pembuluh darah tepi, gangguan serebral (otak) dan gangguan syaraf.

Cara mencegah hipertensi yaitu dengan mengurangi konsumsi garam dan memperbayak konsumi buah-buahan serta sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang efektif dalam mencegah hipertensi adalah timun, karena timun mengandung kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Kalium tersebut membantu mengatur tekanan darah dengan cara mengurangi efek sodium dalam tubuh. Mineral magnesium yang terkadung didalam timun juga berperan melancarkan aliran darah dan menenangkan saraf.

Bapak Lurah Kelurahan Ciakar Agus Herdiana, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Mahasiswa Kesmas Unsil yang telah menciptakan program yang dirancang dan diinisiasi. Program “RAKIT SESI” ini menjadi inspirasi baru bagi Kelurahan Ciakar, sehingga diharapkan dapat terus berlanjut.

M.Anwar Syafaat, S.Sos. M.Sc. selaku Sekretaris Kecamatan Cibeureum juga menyampaikan bahwa program ini bisa diperluas secara luas, misalnya dengan melakukan penanaman di pekarangan rumah masing-masing warga

Kepala Puskesmas Cibeureum drg. Titin Hajari menambahkan, latar belakang dibuatnya program ini adalah, berdasarkan data yang ada di Puskesmas Cibeureum, banyak masyarakat pra-usia dan lanjut usia yang menderita hipertensi. Dengan adanya program ini, ia percaya dan mendukung penuh mahasiswa kesmas unsil sebagai penggagas program dan para kader posbindu serta kelompok desa sebagai pihak yang dipercaya untuk melanjutkan pelaksanaan program sehingga tujuan pembuatan program tersebut terwujud di Kelurahan Ciakar.

Mahasiswa Kesmas Unsil tersebut meyakini program RAKIT SESI ini dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga diharapkan dapat mengontrol tekanan darah warga Kelurahan Ciakar  dan menekan angka kesakitan hipertensi.


Penulis:

  • Ghefira Zahirah
  • Santi Shopiyah

Dosen Pembimbing:
Rian Arie Gustaman, S.K.M., M.Kes.
Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan

Anggota Kelompok:

  1. Alma Aulia Saphira
  2. Ghefira Zahirah
  3. Santi Shopiyah
  4. Salwa Nurhaliza
  5. Syahla Rahmah Ainun Nisa
  6. M. Fathan Mubina Ts
  7. Aprilla Andini
  8. Sephia Zandra
Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis