FKM UNCEN Inisiasi Pembentukan Agen SARAS Sa Tra Miras

Konsumsi Miras Usia Remaja Tinggi, FKM Uncen Inisiasi Pembentukan Agen SARAS (Sa Tra Miras)

Agen “SARAS” merupakan singkatan dari Sa Tra Miras atau dapat diartikan ucapan bahwa “Saya tidak minum miras”. Ide kegiatan pengabdian masyarakat ini bermula dari permasalahan konsumsi miras yang tinggi pada remaja di Kota Jayapura. Tingginya kasus konsumsi miras pada usia remaja perlu perhatian khusus, sebab efek dari alkohol tersebut selain menjadi faktor risiko penyakit dan memicu perilaku menyimpang seperti kekerasan, kecelakaan lalu lintas dan perilaku seksual, juga dapat berdampak negatif pada proses belajar karena menurunnya konsentrasi.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai upaya pencegahan konsumsi minuman keras pada remaja. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah inisasi pembentukan agen “SARAS” (Sa Tra Miras) meliputi pelatihan menggunakan metode brainstorming dengan bantuan media poster. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang miras, bahaya atau dampaknya bagi kesehatan, serta cara mencegah diri dari perilaku konsumsi minuman keras. Lokasi pengabdian adalah Asrama Mahasiswa Mamberamo Raya, Distrik Heram, Kelurahan Yabansai, Kota Jayapura.

Target atau sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah melibatkan minimal 10% mahasiswa asrama untuk mengikuti pembekalan menjadi Agen “SARAS”. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18 Mei 2024 bertempat di Asrama Mahasiswa Kabupaten Mamberamo Raya. Proses edukasi dilakukan dengan metode brainstorming dan menggunakan alat bantu media poster. Metode brainstorming adalah metode diskusi kelompok kecil untuk saling bertukar pendapat dan pengalaman. Sedangkan media poster menjadi alat bantu berisi informasi tentang minuman keras, dampaknya bagi kesehatan dan cara pencegahan konsumsi miras.

Kegiatan ini melibatkan 4 mahasiswa FKM Universitas Cenderawasih yaitu Ria, John, Yiska dan Anggi.  diikuti oleh 10 mahasiswa dan secara aktif berdiskusi tentang masalah miras yang kerap ditemui. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan pembukaan dan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi melalui diskusi yang dipimpin oleh Ibu Fajrin Violita, SKM., MKM. Selama proses diskusi, peserta aktif mendengarkan dan saling berpendapat. Secara garis besar, para peserta menyadari bahwa kasus konsumsi miras ini sangat marak terjadi bahkan dilingkungan asrama. Beberapa penyebabnya adalah pengaruh stress, diawali dengan coba-coba, hingga kerap terpengaruh ajakan teman.

Dampak dari perilaku konsumsi miras ini pun dirasakan tidak hanya secara individu bagi kesehatan dan keseharian sebagai mahasiswa, tetapi juga memberi dampak bagi orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, adanya edukasi secara konsisten menjadi salah satu upaya untuk terus mengingatkan dan menyadarkan para mahasiswa agar dapat membatasi hingga terlepas dari perilaku konsumsi miras tersebut. Selama proses edukasi, digunakan media poster sebagai media atau alat bantu. Poster tersebut kemudian dipasang pada beberapa titik di Asrama agar menjadi sumber informasi bagi seluruh penghuni asrama.

Sebagai tindak lanjut, dilakukan pembentukan grup WhatsApp sebagai wadah pendampingan agen “SARAS” (Sa Tra Miras) di Asrama Mamberamo Raya. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan perilaku konsumsi miras pada remaja di Kota Jayapura.


Penulis:
Fajrin Violita, SKM., MKM
Dosen FKM Univ. Cendrawasih

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis