GEMASTING di Posyandu Mawar 5 Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor

Kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia (SDM) yang paling mahal bahkan tak ternilai harganya. Terutama kesehatan pada balita yang memerlukan perhatian khusus untuk kecukupan status gizinya sejak lahir, bahkan sejak dalam masa kandungan.

Pola konsumsi pangan yang tidak tepat atau bahkan tidak terpenuhi dengan baik akan berdampak terhadap munculnya berbagai malnutrisi. Kondisi ini terjadi akibat ketidakaseimbangan asupan gizi. Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yaitu tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Gemasting Kelompok 2 Kesmas Universitas Indonesia Maju

Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein. Selain itu, Stunting pada anak bisa disebabkan pula masalah pada saat kehamilan, melahirkan, menyusui, atau setelahnya, seperti pemberian MPASI yang tidak mencukupi asupan nutrisi. Selain nutrisi yang buruk, stunting juga bisa disebabkan oleh kebersihan lingkungan yang buruk, sehingga anak sering terkena infeksi.

BACA JUGA:  Dinkes NTT, 2.891 Anak di NTT Mengalami Stunting

Berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021, stunting di tahun 2021 sebesar 24,4 dan ditargetkan prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen. Dengan angka persen maka untuk mencapai target tersebut diperlukan penurunan 2,7 persen di setiap tahunnya.

Untuk ikut berperan dalam mengatasi permasalahan masyarakat yang ada khususnya upaya pencegahan dan menurunkan angka prevalensi stunting. Kami Mahasiswa Kesehatan Masyarakat mengadakan kegiatan Gemasting (Gerakan Masyarakat Sadar Stunting).

FGD Gemasting Posyandu Mawar

Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin, 28 Februari 2022 yang bertempat di Posyandu Mawar 5 Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor. Materi yang diberikan berisikan informasi mengenai Stunting, ditujukan agar masyarakat khususnya ibu hamil dapat menyadari bahwa gizi anak harus mulai diperhatiakan dari sejak dalam kandungan agar tidak ada anak yang lahir dengan panjang atau berat badannya dibawah garis normal dan menjadi program yang edukatif sebagai sarana kegiatan meningkatkan pengetahuan ibu hamil terhadap problem gizi khususnya Stunting.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan registrasi sekaligus pemeriksaan tekanan darah juga berat badan, ibu hamil yang sudah selesai melalui proses registrasi dilanjutkan pemberian lembar pre-test untuk diisi. Berikutnya dipaparkan materi melalui media lembar bolak-balik, dilanjutkan FGD (Focus Group Discussion) tentang materi stunting yang dilakukan berkelompok setiap kelompok didampingi oleh mahasiswa sebagai fasilitator.

BACA JUGA:  KKN, Mahasiswa Undip Ajarkan SADARI Kepada Remaja di Desa Ini

Setelah semua kelompok selesai berdiskusi kami bahas hasil dari setiap kelompok tersebut untuk menentukan kelompok mana dengan jawaban yang tepat, serta kami beri apresiasi dengan diberikan nya hadiah kepada kelompok pemenang. Kegiatan dilanjutkan dengan games dan sesi tanya jawab secara individual, pemenangnya juga mendapatkan hadiah.

Di akhir kegiatan diberikan post-test, dokumentasi dengan para ibu hamil, dan penyerahan sertifikat kepada Ketua Posyandu Mawar 5 Desa Bojong Rangkas dan Kader Posyandu lainnya.

Pemberian Sertifikat Kepada Ketua Posyandu Mawar

Dalam kegiatan penyuluhan GEMASTING ini, harapannya adalah ibu hamil dapat memahami materi yang disampaikan, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan digunakan informasinya dengan sebaik-baiknya. Dan menjadi bukti kontribusi nyata kami sebagai mahasiswa  untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka prevalensi stunting.


Penulis Kelompok 2 :

  • Aura Amalia
  • Ichsan Al Kautsar
  • Randy Fadillah
  • Shabrina Rahmi Noviyanti
  • Sayyed Muhammad Al-Fajr

Dosen Pembimbing :

  • Ibu Nina, SKM., M.Kes
  • Ibu Agustina Sari, S.ST., M.Kes

Universitas Indonesia Maju

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat

(Visited 42 times, 1 visits today)