Gerak Sajadah Warga Desa Sindanghayu Bersama Kelompok 13 PBL STIKes Kuningan

Minggu, 29 Agustus 2021. Kelompok 13 PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) STIKes Kuningan telah mengadakan Kerja Bakti sekaligus Pemilahan Sampah yang dilaksanakan di Lapangan Desa Sindanghayu, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Kerja Bakti sekaligus Pemilahan Sampah dilaksanakan bersama panitia pemilihan sampah yang kita bentuk dengan nama “Penggiling” (Pemuda Penggerak Kesehatan Lingkungan) dengan anggota 10 orang serta masyarakat yang bersedia mengikuti kegiatan tersebut sekitar 7 orang.

Kegiatan Kerja Bakti sekaligus Pemilahan Sampah dilakukan kurang lebih selama 2 jam yang dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, kegiatan ini diawali Kerja Bakti terlebih dahulu yang dilaksanakan dengan pengumpulan sampah, kemudian dilanjutkan dengan pemilahan sampah sesuai jenisnya. Dimulai dari sampah organik, sampah anorganik sampai dengan sampah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) setelah pemilahan sampah selesai dapat disimpulkan sampah didominasi oleh sumpah rumah tangga anorganik.

BACA JUGA:  Walikota Apresiasi Kegiatan Komunitas Peduli Lingkungan FKM Undip

Kelompok 13 PBL STIKes Kuningan

Beberapa sampah ada yang masih bisa dijual kembali kepada pengepul untuk didaur ulang seperti botol plastik bekas dan gelas-gelas bekas air mineral melalui Kegiatan “Gerak Sajadah (Gerak Langkah Warga Sedekah, Sampah menjadi Berkah)”.

“Kegiatan ini merupakan upaya yang baik sehingga harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang maksimal” ujar salah satu tokoh masyarakat.

Dengan adanya kegiatan “Gerak Sajadah” kami mengharapkan agar kegiatan ini berkelanjutan dalam salah satu penanganan pengelolaan sampah di Desa Sindanghayu, Beber.


Nama Anggota Kelompok :

– Ade Listyana
– Arif Ryan Hidayat
– Dyah Ophilia Putri
– Muhammad Faisal
– Rossanti Wahyuningsih

(Visited 93 times, 1 visits today)