Kampanye PHBS Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Kab Banjar
Promkes Puskesmas Simpang Empat 1, melaksanakan kegiatan penyuluhan kampanye PHBS di Desa Tanah Intan 18 Maret 2021. Kegiatan ini mendukung Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Kabupaten Banjar.

Promkes Puskesmas Simpang Empat 1, melaksanakan kegiatan penyuluhan kampanye PHBS di Desa Tanah Intan 18 Maret 2021. Kegiatan ini mendukung Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Kabupaten Banjar. Sasaran program ini yakni 25 orang di Desa Tanah Intan.

Safwan Sawrie, SKM, selaku Promkes Puskesmas Simpang Empat 1 menyampaikan materi terkait PHBS. PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Promkes Puskesmas Simpang Empat 1 Penyuluhan PHBS

Manfaat PHBS secara umum adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

BACA JUGA:  Pentingnya Memahami Politik Kesehatan

Manfaat PHBS di masyarakat adalah masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat.

Terkait dengan sanitasi, terdapat 3 poin indikator dari 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga, yakni

  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih
    Praktek ini merupakan langkah yang berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus langkah pencegahan penularan berbagai jenis penyakit berkat tangan yang bersih dan bebas dari kuman.
  • Menggunakan air bersih
    Air bersih merupakan kebutuhan dasar untuk menjalani hidup sehat.
  • Menggunakan jamban sehat
    Jamban merupakan infrastruktur sanitasi penting yang berkaitan dengan unit pembuangan kotoran dan air untuk keperluan pembersihan.
Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Kabupaten Banjar di Desa Tanah Intan

Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 jam, dengan peserta yang tampak antusias dengan banyaknya yang bertanya. Dengan terealisasinya kegiatan dari Kementrian PUPR ini diharapkan dapat mengatasi salah satu permasalahan kesehatan atau sanitasi di desa ini.

(Visited 163 times, 1 visits today)