Meningkatkan Literasi dan Kontribusi Profesional Melalui KESMAS.ID

Kegiatan Kolaborasi KESMAS.ID dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya

Pada tanggal 6 Juli 2024, KESMAS.ID bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya mengadakan pelatihan online untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi individu dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa, alumni, dan para profesional di sektor kesehatan maupun di luar kesehatan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Batch 2 program pelatihan dan magang yang telah sukses sebelumnya.

Acara ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini menunjukkan minat yang besar dari berbagai kalangan untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka. Pelatihan dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting, memfasilitasi peserta untuk berpartisipasi dari lokasi masing-masing. Ini juga memungkinkan interaksi antar peserta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penguasaan materi hingga Kontribusi Profesional

Materi pelatihan sangat relevan dengan konteks kesehatan di era digital. Ini mengajarkan pentingnya menulis dalam berbagai konteks, mulai dari akademik hingga pengembangan diri. Rakmatniwa, SKM, pendiri KESMAS.ID atau yang lebih akrab disapa “Kang Niwa”, menjadi pemateri utama acara ini. Beliau memberikan wawasan dan inspirasi tentang bagaimana menulis efektif dalam bidang kesehatan. Peserta juga didorong untuk memahami audiens mereka agar tulisan dapat lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kegiatan ini memberikan fokus pada teknik menentukan ide tulisan yang relevan dengan permasalahan kesehatan masyarakat, serta strategi menyusun kerangka tulisan yang efektif. Peserta diajak untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang signifikan, melakukan riset mendalam, dan menyajikan solusi praktis yang dapat diimplementasikan.

Peserta juga dibimbing untuk menciptakan judul-judul yang menarik dengan elemen “AHA/WOW” untuk menarik perhatian pembaca secara cepat. Mereka juga diberikan panduan dalam memilih gambar ilustrasi yang tepat untuk memperjelas pesan yang disampaikan.

Bagian magang dalam kegiatan ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi praktis dengan menulis artikel kesehatan informatif dan inspiratif. Artikel-artikel tersebut kemudian dapat dipublikasikan di platform KESMAS.ID untuk dinikmati oleh masyarakat luas.

Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga memotivasi peserta untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi kesehatan masyarakat secara lebih luas. Program ini bukan hanya sarana pendidikan dan pengembangan profesional, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk mendukung penyebaran informasi kesehatan yang akurat dan bermanfaat bagi semua orang.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

One response to “Meningkatkan Literasi dan Kontribusi Profesional Melalui KESMAS.ID”

  1. Melvin Sawedu Avatar
    Melvin Sawedu

    informasinya sangat menarik..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis