Upaya Nusantara Sehat Penugasan Kepulauan Terluar Dalam Penanganan Covid-19

Melanjutkan Pengabdian dalam program Nusantara Sehat, Wardiman,SKM Tenaga Kesehatan Masyarakat, dari Penugasan sebelumnya Nusantara Sehat Team Based Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan kondisi geografis penempatan berupa pegunungan dan hutan menuju ke penugasan Nusantara Sehat Individual penempatan yang baru Kabupaten Kepulauan Talaud, kepulauan terluar Provinsi Sulawesi Utara.

Penugasan ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK disamping menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi.

Adapun upaya pencegahan yang digencarkan guna mengantisipasi penularan COVID-19 dalam satu tahun masa penugasan dari bulan Oktober 2020 hingga sekarang sebagai berikut :

  • Bersama-sama dengan Satgas COVID-19 melakukan Skrining terhadap pelaku perjalanan di Pelabuhan. Upaya skrining ini telah dilaksanakan dari awal penugasan hingga sekarang untuk memastikan pelaku perjalanan dalam keadaan sehat dan mencegah imported case masuk.
  • Melakukan penyuluhan penerapan Protokol Kesehatan cegah COVID -19 di tempat-tempat umum, pasar dan rumah ibadah. Masyarakat dalam menghadapi era new normal, menjalankan aktifitas sehari-hari diharapkan tetap dengan protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan COVID-19.
  • Penyuluhan keliling mengenai COVID-19 beserta Vaksinasi di 12 Desa se Kecamatan Kabaruan, kegiatan ini tentang memberikan informasi mengenai COVID-19 dan Vaksinasi secara benar, menepis kabar hoax yang marak beredar di masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19.
  • Tergabung dalam Tim Vaksinasi yang telah berjalan dari bulan Juni hingga sekarang demi meningkatkan cakupan Vaksinasi Nasional berkolaborasi bersama TNI, Polri dan Pemerintah Desa.
BACA JUGA:  Budayakan GERMAS, Pegawai Puskesmas Orong Lakukan Senam Bersama

Vaksinasi Warga Kecamatan Kabaruan Kab Kepulauan Talaud

Seperti pesan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada kunjungannya di BBPK Ciloto dalam Pembekalan Nusantara Sehat Team Based Batch XVIII 28 Agustus 2021, Nusantara Sehat diharapkan dapat menjalin sinergi yang baik dengan masyarakat serta turut memberikan edukasi dan sosialisasi seputar COVID-19, upaya pencegahannya dan ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19.

Semoga segala bentuk upaya pencegah dan penanggulangan yang telah kita lakukan dapat mencegah penularan Covid-19 khususnya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mangaran, Kecamatan Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Penyuluhan Penerapan Protokol Kesehatan Cegah COVID -19 di tempat-tempat umum

(Visited 145 times, 1 visits today)