Inovasi Mahasiswa FKM Undip Ubah Kemangi Jadi Obat Alergi Kulit

Inovasi Mahasiswa FKM Undip Ubah Kemangi Jadi Obat Alergi Kulit

Di Indonesia tanaman kemangi tidak terdengar asing lagi. Sampai saat ini kemangi dimanfaatkan sebagai lalapan dan resep berbagai macam makanan, namun sebenarnya tanaman kemangi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Tanaman kemangi memiliki kandungan flavonoid, eugenol, betakaroten, magnesium, fosfor, kalsium, zat arginin, astenol, dan boron. Yang mana zat tersebut bermanfaat bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang, melawan radikal bebas, melancarkan aliran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kemandulan, mengobati sariawan, menghilangkan bau mulut, dan mengobati panu.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi berupa flavonoid polifenol dan eugenol ini berperan untuk mencegah adanya pertumbuhan virus, bakteri, jamur dan mengurangi rasa nyeri. Sedangkan kandungan Betakarotin, memiliki peran dalam sintesis protein sehingga  dapat memperbaiki selsel yang rusak. Tanaman kemangi juga memiliki kandunga thymol yang bersifat anti gatal yang dapat mengurangi dorongan untuk menggaruk sehingga tidak akan menyebabkan infeksi.

Hal itu melatar belakangi kami untuk berionovasi mebuat sebuah obat penyakit kulit khususnya obat alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga berupa salep yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan  alami, yaitu tanaman kemangi (Ocinumcanum).

Produk ini dibuat dengan sasaran yaitu para petani, pegawai kebersihan, dan mahasiswa yang beinteraksi langsung dengan serangga. Kami berharap produk ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selain harganya yang terjangkau, produk ini juga aman dipakai karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat meminimalisir efek samping, sehingga tidak menimbulkan iritasi, dan peradangan kulit.

SamaVita atau Salep Kemangi bervitamin merupakan alternatif baru sebagai obat yang dapat mengurangi gatal karena alergi serta menyembuhkan pembengkakan yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

Kemangi yang biasaya digunakan sebagai resep berbagai macam makanan, sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kami berharap produk ini dapat diterima  oleh masyarakat karena selain harganya yang terjangkau, produk ini juga aman bagi kesehatan kulit. Kami memanfaatkan tanaman kemangi karena kandungan kaya oksidannya yang tinggi berupa flavonoid yang memilik banyak manfaat salah satunya adalah dapat mengangkap radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Obat Anti Alergi Sama VITA

Metode produksi SAMA VITA ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu : 1) Pra produksi, meliputi persiapan tempat produksi, penetuan tempat pembelian bahan baku, pembelian peralatan, perancangan kemasan dan label. 2) Penentuan harga produk dan mekanisme promosi prodk serta menganalisis usaha dalam menentukan harga jual produk. 3) Produksi meliputi mempersiapkan alat dan produksi, penyortiran bahan baku, ekstraksi kemangi, pembuatan salep di laboratorium steril serta pengemasan produk. 4) Pemasaran dan evaluasi, yaitu memasarkan produk serta menjaring konsumen dengan berbagai metode terutama dalam menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Peralatan produksi utama yang disiapkan antara lain mortir, rotary evaporator, sendok, pot, tube, timbangan, oven, nampan, waterbath, dan loyang . Adapun bahan baku yang diperlukan dalam produksi SAMA VITA  yaitu kemangi, vaselin album, cera alba, nipagin, dan mint essense. Dalam melakukan usaha penjualan SAMA VITA diperlukan manajemen usaha yang baik, karena hal ini akan menentukan income saat melakukan pengembangan usaha. Yang harus diperhatikan diantaranya :

  1. Adanya riset survei pasar dan evaluasi yang dipantau secara berkala untuk meningkatkan kualitas produk, selain itu hal ini dilakukan agar mengetahui minat konsumen terhadap produk yang telah di produksi
  2. Memiliki manajemen dan strategi pemasaran yang baik. Hal ini dilakukan dengan cara menawarkan secara langsung kepada konsumen mauun melalui media masa seperti brosur, online shop, di simpan di toko-toko atau di swalayan

Adapun segmentasi pasar dan tergeting dari produk SAMA VITA ini sebagai berikut :

  1. Keadaan ekonomi, produk SAMA VITA ini dipasarkan dengan harga yang terjangkau oleh semua pihak yaitu Rp. 10.000,00 sehingga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan
  2. Pekerjaan, produk SAMA VITA ini dipasarkan kepada petani, mahasiswa entomologi, tukang kebun serta pekerjaan lainnnya yang berhubungan langsung dengan serangga
  3. Demografis, produk ini dipasarkan kepada seluruh laisan masyarakat baik anak kecil, pelajar, remaja ,dewasa hingga lansia tanpa memandang jenis kelamin.
  4. Kebaruan, produk SAMA VITA memiliki ekunggulan dibandingkan dengan produk sejenis karena produk ini menggunakan 100 % bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping

Produk SAMA VITA memiliki keunggulan dibandingkan produk serupa yang telah di produksi, diantaranya:

  1. Berbahan dasar alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan
  2. Telah lulus uji laboratorium dan terbukti steril serta aman untuk kulit sehingga tidak menimbulkan alergi
  3. Harga ekonomis sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan
  4. Dengan kemasan yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa ketia berpergian

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis