Awakening Health and Social Awareness trough Creative Fundrasing
Latest posts by Asma Fairuz Zahra' (see all)

CISDI bersama Relatif Perspektif mengadakan Kelas Bilik Didik dengan topik “Awakening Health & Social Awareness through Creative Fundraising, Kamis 26 Agustus 2021, pukul 15.30 – 17.30 WIB. Bilik Didik ini diselenggarakan lewat aplikasi zoom dengan peserta 61 orang, diikuti baik dari masyarakat umum, mahasiswa, juga profesional lainnya.

Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation)

Antonia Junita, selaku Marketing & Community Engagement Enthusiat dan Karlina Satrioputri selaku Founder & Maker of Kertasbykarls menjadi narasumber Kelas Bilik Didik kali ini. Antonia Junita, beliau bekerja sebagai marketing dalam Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) yang berperan sebagai pelindung atau konservasi orang utan dan habitat lainnya. Dimana teknik fundraising dilakukan dengan berjualan merchandise dari berbagai jenis seperti topi, tote bag dan lain lainnya. Hasil dari penjualan tersebut akan digunakan untuk kesejahteraan orang utan.

BACA JUGA:  Untuk Nusantara Sehat Batch 2 Sungai Guntung yang Hebat dan Menebar Manfaat

Produk Yayasan BOSF

Karlina Satrioputri, beliau adalah pemilik juga pembuat dari produk Kertasbykarls, produk tersebut berupa bookbinding dan art jurnaling. Dimana pada masa pandemi seperti ini jurnaling banyak ditekuni oleh kalangan masyarakat terutama anak perempuan. Jurnaling juga baik untuk kesehatan mental.

Kertasbykarls ini berdiri dari tahun 2017 dengan modal pemikiran dari Mbak Karlina sendiri sebagai seorang arseitektur yang memiliki lingkungan art. Dari lingkungan tersebut beliau berpikir untuk membuat buku yang nyaman untuk menggambar juga membuat lettering, hingga akhirnya rilislah produk Kertasbykarls.

Macam Produk Kertasbykarls

Kertasbykarls bertujuan tidak hanya menjual suatu prodak atau bisnis tapi juga ada misi untuk memberikan ruang untuk orang orang biar menemukan sebagian diri mereka di dalam versi kertasbykarls.

Apa sih produknya? Notebooks, bookmarks, stiker quotes, dan gift box. Kertasbykarls juga berkolaborasi dengan artis, brand lain, institusi dan perusahaan. Produk yang dihasilkan selain memiliki kualitas handmade tapi juga memiliki karakter. Karternya selain cara membuat buku tapi juga diilustrasi yang dihasilkan agar orang orang bisa menikmati produk tersebut.

BACA JUGA:  Gagal Kuliah Psikologi, Kini Move On Jadi Mahasiswa Kesmas di Kampus Santri!

Sekilas campenye yang diawal-awal banget produknya memiliki kekhususan secara design untuk printed illustration menggabungkan antara cover design, jenis jilid dan kertas yang ingin dipilih oleh customer tersebut. Pengalaman Kertasbykarls berkolaborasi bersama ICW mengajak seniman perempuan ikut penggalangan dana untuk memberantas kekerasan terhadap perempuan.

Aktivitas Kertasbykarls

Acara ini berlangsung sekitar 2 jam dan dalam acara ini yang paling menarik adalah saat acara latihan, dimana para peserta dikelompokkan dan diberi judul untuk didiskusikan (brainstorming).

Harapan dengan mengikuti acara ini semoga kedepannya kita dapat ramah dengan kesejahteraan lingkungan juga mahkluk lain, juga dapat membuat produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan proses marketing yang sangat rinci.

(Visited 30 times, 1 visits today)