Relatif Perspektif dan CISDI Adakan Kelas Bilik Didik Ke-3
Kelas Bilik Didik kali ini membidik anak muda yang ingin melakukan fundraising/ penggalangan dana guna menjawab isu sosial maupun kesehatan.

Relatif Perspektif dan CISDI bersama Kesmas.ID selaku media Partner mengadakan Kelas Bilik Didik ke-3 dengan topik “Awakening Health & Social Awarenes Through Creative Fundraising“, Kamis, 26 Agustus 2021. Kelas Bilik Didik kali ini membidik anak muda yang ingin melakukan fundraising/ penggalangan dana guna menjawab isu sosial maupun kesehatan. Sebanyak tiga puluh anak muda mengikuti kegiatan ini dengan aktif.

Saat ini anak muda telah banyak menyumbang gagasan tentang permasalahan yang ada di masyarakat Indonesia. Fundraising atau pendanaan salah satu cara dilakukan untuk mendukung aktivitas, kegiatan, dan komunitas yang bertujuan menyelesaikan isu. Relati Perspektif, CISDI dan Kesmas.ID ingin menambah wawasan para pemuda dalam gerakan sosial agar dapat melakukan pendanaan dengan cara yang kreatif.

Produk Yayasan BOSF

Antonia Junita, aktivis di Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation yang berfokus dalam menyelamatkan dan melindungi orangutan melakukan fundraising cara menjual merchandise. Kemudian hasilnya akan digunakan untuk kegiatan penyelamatan orangutan. Antonia Junita mengatakan “konsep produk yang dijual adalah yang dekat dengan keseharian seperti baju, mug, topi sehingga donasi bisa berjalan berkelanjutan”.

Antonia Junita juga mengatakan “Kelangsungan hidup orangutan yang penting dalam ekosistem, kualitas air dan udara nantinya juga akan berpengaruh pada kelangsungan para petani disana”. Disinilah pesan produk yang dijual BOS berperan, selain untuk brand awareness, tentu juga sebagai edukasi masyarakat jika orangutan dan lingkungan di Kalimantan tidak sedang baik-baik saja.

BACA JUGA:  Warrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan Rokok

Awakening Health and Social Awareness trough Creative Fundrasing

Karlina Satrioputri, Owner – Kertasbykarls “Bookbinding dan art” juga melakukan hal serupa. Kertasbykarls sebagai ruang atau medium untuk mencurahkan hati & pikiran juga memiliki pesan dan misi yang jelas terhadap orang-orang yang memiliki isu kesehatan mental agar bisa menceritakan dan melampiaskan pikiran mereka dalam warna ataupun tulisan.

Kertasbykarls milik Karlina Satrioputri juga melakukan kolaborasi dengan komunitas lain seperti Indonesia Corruption Watch (ICW) dengan isu kekerasan terhadap perempuan yang coba disuarakan Kertasbykarls. Kolaborasi juga dilakukan sebagai upaya promosi dalam penggalangan dana agar target dan pesan dapat tercapai.

Macam Produk Kertasbykarls

Antonia Junita dan Karlina Satrioputri menjelaskan dalam membuat kerangka konsep fundraising harus memiliki misi dan pesan yang jelas. Sebab, fundraising yang harus memiliki tujuan untuk menyelesaikan isu tertentu. Seperti masalah satwa dan lingkungan oleh Antonia Junita dan kesehatan mental milik Karlina Satrioputri. Kemudian melakukan riset pada pasar dan melakukan pengembangan produk sebelum melakukan promosi.

Pada ruang diskusi peserta diajak mengenal kerangka konsep dan melakukan focus group discussion (FGD) dalam membuat konsep fundraising, mulai membahas isu, karakter produk yang otentik atau memiliki ciri khas, mengenali konsumen yang disasar, pengembangan produk hingga konsep promosi promosi. Serta bagaimana cara melakukan penawaran pada produk agar produk tidak hanya bermanfaat namun juga laku dijual.

Tidak memerlukan waktu yang lama peserta mampu menjabarkan ide-ide baru dalam melakukan fundraising untuk menyelesaikan isu tertentu. Peserta juga menjabarkan konsep ide dari pembahasan isu hingga strategi dalam promosi yang dipakai dengan cukup matang.

BACA JUGA:  Pentingnya Pendekatan Sosial Budaya Dalam Intervensi Kesehatan

Bilik Didik kali ini setelah pemaparan materi dan FGD, antusias peserta menghasilkan ide-ide fundraising yang kreatif seperti “PEPI Safe” pempek dan kripik ikan yang bisa selamatkan laut. Peserta ingin mengatasi masalah ekosistem laut yang rusak akibat penjaringan ikan ilegal. Pempek yang dijual berbahan dasar ikan hasil tangkapan legal nelayan agar bisa menjaga lingkungan sekaligus membantu perekonomian nelayan. Ide dan gagasan fundraising seperti ini diharapkan lahir untuk menyelesaikan masalah dan isu yang ada di masyarakat.


Tentang Relatif Perspektif

Relatif Perspektif merupakan non profit organization yang bertujuan menjembatani isu kesehatan yang selama ini dianggap eksklusif untuk tenaga Kesehatan saja. Relatif perspektif awalnya hanya dimulai dari podcast saja sejak 2019. Saat ini kami telah berkembang dengan memiliki website, social media dan melaksanakan training-training untuk kalangan muda.

Tentang CISDI

Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) adalah think tank yang mendorong penerapan kebijakan kesehatan berbasis bukti ilmiah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya, setara, dan sejahtera dengan paradigma sehat. CISDI melaksanakan advokasi, riset, dan manajemen program untuk mewujudkan tata kelola, pembiayaan, sumber daya manusia, dan layanan kesehatan yang transparan, adekuat, dan merata.

Tentang Kesmas-ID

Kesmas-ID merupakan portal kesehatan masyarakat yang aktif berperan sebagai media partner event kesehatan, publikasi opini dan publikasi kegiatan promosi kesehatan.

Narahubung
Afif Zainuri Wafiq
Relatif Perspektif
@relatifper

(Visited 16 times, 1 visits today)