Mengapa 4 Februari Diperingati Sebagai Hari Kanker Sedunia?

Tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan. Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap 4 Februari merupakan inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 2000. UICC adalah sebuah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang berdedikasi untuk memimpin dalam pertemuan, pengembangan kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global.

Dimulai pada tahun 2000, Hari Kanker Sedunia telah tumbuh menjadi gerakan positif bagi semua orang di mana pun untuk bersatu dalam satu suara menghadapi salah satu tantangan terbesar masyarakat dalam sejarah. Pada 4 Februari 2000, Hari Kanker Sedunia ditulis dalam Charter of Paris Against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker). Dokumen itu ditandatangani oleh Presiden Prancis kala itu, Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO yang menjabat saat itu, Koichiro Matsuura.

BACA JUGA:  Yuk Kenali Tanda, Gejala Juga Faktor Risiko Penyakit Katarak

Tahun ini, Hari Kanker Sedunia akan diperingati pada Jumat, 4 Februari 2022. Dilansir dari dari Union for International Cancer Control (UICC) kampanye Hari Kanker Sedunia pada tahun ini memiliki tema Close the care gap. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai “Menutup kesenjangan perawatan”.

Tema Hari Kanker Sedunia di tahun ini juga menjelaskan hambatan yang ada bagi banyak orang dalam mengakses layanan bagi mereka yang membutuhkan. Hambatan yang terjadi selama ini pun memiliki potensi besar untuk mengurangi peluang seorang penderita kanker dalam mempertahankan hidupnya.

(Visited 44 times, 1 visits today)