Cegah Stunting, Puskesmas Salawu Gelar Pelatihan Kader

Sebanyak 58 Kader Posyandu mengikuti pelatihan pemberian makanan tambahan bagi bayi/ balita dan ibu hamil KEK yang diselenggarakan di Aula UPTD Puskesmas Salawu. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 9-10 Juli 2024, dengan mekanisme 29 kader mengikuti kegiatan di Hari Pertama, dan 29 kader lainnya di Hari Kedua.

Narasumber pelatihan ini adalah Ibu Firda Fakhirah, S.Tr.Gz (Programer Gizi UPTD Puskesmas Salawu), kegiatan pelatihan pemberian makanan tambahan yang disampaikan kepada kader adalah mengenai demo pengenalan tekstur makanan untuk bayi usia 6-8 bulan, 9-10 bulan, 12-23 bulan serta ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Hal ini sangat penting mengingat selain memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan, konsistensi dan tekstur makanan juga akan mempengaruhi berat badan bayi. Selain itu, mengenalkan tekstur makanan secara bertahap juga bermanfaat untuk melatih keterampilan mengunyah pada bayi.

Waktu pelatihan dilakukan selama kurang lebih 3 jam, yang menarik selama kegiatan ini yakni ibu kader melakukan demonstrasi penyajian makan untuk bayi dan ibu hamil KEK.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kader sehingga bisa memberikan contoh kepada masyarakat sekitar mengenai tekstur makanan yang tepat untuk bayi sesuai dengan umurnya.

Selain itu, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk kader dalam memberikan edukasi mengenai gizi seimbang kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya stunting, gizi kurang/ buruk, serta mencegah ibu hamil KEK.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

6 responses to “Cegah Stunting, Puskesmas Salawu Gelar Pelatihan Kader”

  1. rnuradzania Avatar
    rnuradzania

    Mantap👍

  2. sintarahmawati389 Avatar
    sintarahmawati389

    Keren sekali kegiatannyaa👍

  3. Kegiatan penuh Manfaat👍 Semangat ditunggu karya selanjutnya.

  4. Putri Ayu Rahma Pratiwi Avatar
    Putri Ayu Rahma Pratiwi

    Semangat terus

  5. Keren ka

  6. makasih informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis