Upaya Turunkan Stunting Puskesmas Parungponteng Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Prevalensi stunting di Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 berada di angka 20,7% turun dari tahun sebelumnya di angka 27,2% pada tahun 2022. Penurunan ini masih harus ditekan sesuai dengan target Kemenkes RI yaitu 14% di tahun 2024.

Upaya percepatan penurunan stunting terus dilakukan salah satunya dengan diselenggarakannya Lokakarya Mini Lintas Sektoral oleh Puskesmas Parungponteng pada hari Selasa, 2 Juli 2024 yang digelar di Aula UPTD Puskesmas Parunponteng, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya. Beberapa lintas sektor yang hadir memenuhi undangan Lokakarya Mini ini adalah Camat Parungponteng, Polsek, Danposramil, Kepala Ketua KUA, MUI, Koordinator KB, PKK dan jajaran Muspika Kecamatan Parungponteng dengan jumlah 38 orang.

Pembahasan materi mengenai upaya penurunan stunting pada acara yang berlangsung selama 4 jam ini diisi oleh dua narasumber dari Puskesmas Parungponteng yaitu Wahidah,A.Md.Kep selaku Penanggung Jawab Mutu dan Bdn.Nurfitri Ratna Yulia,S.Tr.Keb selaku Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat.

Materi yang dibahas yaitu terdapat beberapa masalah yang ditemukan Puskesmas Parungponteng salah satunya adalah dalam Rekap Status Gizi Balita Hasil BPB Bulan Juni 2024 menunjukkan angka stunting yang tercatat di Puskesmas Parungponteng yaitu sebanyak 45 balita atau 2,96% dari jumlah sasaran di 8 desa wilayah binaan Puskesmas Parungponteng. Angka ini  menunjukkan penurunan dari bulan Februari 2024 yaitu 49 balita stunting namun temuan stunting baru masih tinggi yaitu 55,55%. Pembahasan lainnya yaitu mengenai peran serta komitemen puskesmas, lintas sektoral serta masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dan mencakup seluruh siklus hidup manusia sejak dalam embrio hingga lansia yang bermutu. Sehingga tercapainya masyarakat sehat akan menjadikan negara yang kuat.

Tingginya partisipasi para undangan yang hadir memunculkan banyaknya ide-ide, saran dan juga kritik untuk menekan angka stunting dan tercapainya peningkatan pembangunan kesehatan khususnya di wilayah Kecamatan Parungponteng sebagai harapan bersama.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

3 responses to “Upaya Turunkan Stunting Puskesmas Parungponteng Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral”

  1. rnuradzania Avatar
    rnuradzania

    Seru ya kegiatannya👍

  2. Mantap🔥🔥🔥

  3. andinaprilla11 Avatar
    andinaprilla11

    Keren, semangat 😅

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis