Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Santri, Poskestren Raudlatul Ulum Gelar Penyuluhan Kesehatan Daring
Diharapkan antusiasme santri santri dalam mengikuti kegiatan ini tetap terjaga dan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dalam keseharian mereka di pesantren.

Sejak ditetapkan sebagai pandemi global Virus COVID 19 terus menyebar, menginfeksi begitu banyak manusia dan menyebabkan kematian dengan jumlah yang tidak patut diremehkan. Pelan tapi pasti semua masyarakat bergerak, setiap elemen terlibat, masing masing berusaha dan berperan. Dari pemerintah hingga masyarakat. Semua beradaptasi dengan kondisi yang terbatas akibat adanya  himbauan dan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Interaksi sosial dibatasi, pertemuan sebisa mungkin diminimalisir hingga berbagai mode komunikasi lain coba untuk diterapkan. Media sosial yang berkembang dengan teknologi mutakhir kini menjadi solusi, Tak butuh waktu lama aktivitas serba daring mulai dilakukan secara masif tak terkecuali aktifitas pembelajaran dan ekstrakurikuler di pesantren.

“Tidak seperti biasanya kegiatan penyuluhan kesehatan untuk santri yang semula dilakukan secara tatap muka, kali ini dilaksanakan dengan metode yang berbeda, dalam kondisi pandemi mau tidak mau kita harus mencoba cara lain agar kontak santri dengan lingkungan luar dapat diminimalisir tapi kegiatan juga tidak terbengkalai” begitu keterangan yang diungkap Sri Utami salah satu tenaga kesehatan Poskestren Pesantren Raudlatul Ulum.

BACA JUGA:  Gudiken Jadi Penyakit yang Sering Dialami Santri, Ini Sebabnya

“Pelaksanaan penyuluhan kesehatan secara daring dengan aplikasi zoom ini diharapkan menjadi solusi dari berbagai batasan batasan akibat kemunculan pandemi ini” ungkap Sri. Ia juga menambahkan “Penguatan kegiatan promotif preventif terkait kesehatan di pesantren saat pandemi ini juga perlu ditingkatkan mengingat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu upaya pengedalian COVID-19 di komunitas”.

Rencananya, setelah materi PHBS di Pondok Pesantren dan Kesehatan Mental Remaja, penyuluhan daring akan dilakukan berkala dengan mengangkat tema-tema menarik seputar dunia kesehatan di pesantren. Diharapkan antusiasme santri santri dalam mengikuti kegiatan ini tetap terjaga dan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dalam keseharian mereka di pesantren.

(Sri Purwanti, SKM )

(Visited 94 times, 1 visits today)