UPTD Puskesmas Melintang Melakukan Pengawasan Makanan Jajanan Puasa (Takjil)

UPTD Puskesmas Melintang Melakukan Pengawasan Makanan Jajanan Puasa (Takjil)

Senin, 27/03/2023, UPTD Puskesmas Melintang Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang melakukan pengawasan dan pengambilan sampel makanan jajanan berbuka puasa (Takjil). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman dikonsumsi oleh masyarakat dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Kepala UPTD Puskesmas Melintang, dr. Hisar M. Manalu, menyatakan bahwa kegiatan pengawasan dan pengambilan sampel ini meliputi uji kimiawi, mikrobiologi, higienis sanitasi makanan, dan sosialisasi keamanan pangan bagi para pedagang. Hasil pengawasan menunjukkan bahwa semua makanan telah terbebas dari bahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks, dan pewarna buatan pada uji kimiawi.

Sementara itu, uji mikrobiologi dilakukan dengan memeriksa bakteri E. coli, dan hasilnya akan keluar dalam beberapa hari ke depan setelah dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Pangkalpinang. Selain itu, para pedagang juga diberikan edukasi mengenai sanitasi, pengelolaan, dan penjualan pangan agar makanan yang dijual lebih aman dan sehat.

Semoga hasil uji sampel menunjukkan bahwa makanan takjil tersebut aman dan bebas dari zat berbahaya dan bakteri.

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis