Warga Apresiasi Pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah Sederhana

Jum’at, 3 september 2021, Kelompok 16 PBL 2 (Pengalaman Belajar Lapangan 2) Desa Ciranjeng Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka STIKes Kuningan melaksanakan kegiatan pembuatan SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) Sederhana yang dilaksanakan di RT/RW 008/002 Blok Mulyasari Desa Ciranjeng Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka.

Pembuatan SPAL Sederhana ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Ciranjeng, Ibu Ketua PKK Desa Ciranjeng, beberapa warga Desa Ciranjeng, tukang bangunan untuk membantu pembuatan SPAL dan Mahasiswa kelompok 16.

Kegiatan pembuatan SPAL Sederhana dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, kegiatan ini dimulai dengan berkumpul dirumah warga Desa Ciranjeng yang akan dibuatkan SPALnya terlebih dahulu, dan dilanjutkan ke tempat pembuatan SPAL sederhana untuk proses pembuatannya.

BACA JUGA:  Kebijakan Pemerintah dan Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Penanganan Covid-19

Saluran Pembuangan Air Limbah Sederhana

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan SPAL sederhana ini sangat mudah didapatkan dan harganya lebih rendah dibandingkan dengan membuat SPAL pada umumnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya :

  1. Drum atau ember besar
  2. Batu koral
  3. Kayu
  4. Pasir
  5. Bata
  6. Sarabut kelapa
  7. Pipa paralon
  8. Papan

Alat yang digunakan :

  1. Palu
  2. Besi runcing
  3. Cangkul
  4. Parang
  5. Gergaji

Prosesnya tanah dilubangi sedalam 110 cm dengan sisi yang sama, dasar lubang diberi batu koral, lalu ditaruh drum atau ember diatas batu tadi.  Sela-sela drum diselingi serabut kelapa dan batu koral. Lalu dibuat saluran limbah dari pasangan batu bata. Untuk peutupnya menggunakan papan dan disemen.

Dengan adanya pembuatan SPAL sederhana disalah satu rumah warga Desa Ciranjeng kami mengharapkan masyarakat yang belum mempunyai SPAL dapat membuat SPAL sederhana agar pembuangan limbah SPAL tidak mencemari lingkungan dan masyarakat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh vektor seperti typus, dan Demam Berdarah (DBD).


Nama Anggota Kelompok :

– Anisa Putriyani Maulidia
– Dewi Andayani
– Friska Oktaviani Wardani
– Inggit Nurpaidah
– Mala Hayatul Khamilah

(Visited 20 times, 1 visits today)