Atasi Hipertensi, Mahasiswa Kesmas Unsil Launching Program GRADASI

Atasi Hipertensi, Mahasiswa Kesmas Unsil Launching Program GRADASI

Sabtu, 27 Mei 2023, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi dari Kelompok Sabilulungan yang berjumlah 8 orang telah melaksanakan kegiatan launching program GRADASI (Gerakan Waspada Hipertensi dengan Pemanfaatan Seledri). Tujuan diadakannya program ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan penyakit hipertensi untuk menciptakan perilaku masyarakat yang lebih baik.

Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Posbindu Melati RW 08, Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Beberapa lintas sektor terlihat ikut serta menghadiri acara launching program ini antara lain Camat Bungursari, Lurah Bantarsari, Kepala Puskesmas Bantar beserta tim kesehatan, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, Ketua RW 08 beserta Ketua RT, 8 orang Kader Posbindu Melati serta 10 pasien penderita hipertensi.

Program GRADASI ini disahkan oleh Camat Bungursari, Lurah Bantarsari, Kepala Puskesmas Bantar serta Dosen Kesehatan Masyarakat dengan prosesi gunting pita. Tidak hanya mengesahkan program saja, tetapi kegiatan launching ini dilanjutkan dengan pelaksanaan Training of Trainer (TOT) berkaitan dengan penanaman seledri, perawatan seledri, budidaya tanaman seledri, serta pemanfaatan daun seledri dengan cara perebusan daun seledri. ToT ini disampaikan oleh salah satu anggota Kelompok Sabilulungan yaitu Nabila Salsabila Nurhabibah.

Penentuan tanaman obat pada program GRADASI ini dikaji terlebih dahulu dengan cara melakukan kajian literasi dari jurnal kesehatan. Salah satu pengobatan non farmakologis yang tepat untuk menurunkan tekanan darah adalah tanaman seledri. Selain karena khasiat dari kandungan tanaman seledri seperti flavanoid, saponin, tanin, apigenin, dan minyak asiri yang dapat menurunkan tekanan darah, tanaman seledri ini juga merupakan tanaman obat keluarga yang mudah ditanam di sekitar lingkungan rumah.

Pada sesi praktik perebusan daun seledri, disampaikan cara perebusan seledri dengan menyiapkan peralatan dan juga bahannya yang sederhana. Hanya dengan menyiapkan 100 gram daun seledri atau sekitar 5 helai daun seledri dengan tambahan komplemen air, tapi impact nya luar biasa terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi.

Menurut jurnal penelitian, efektivitas dari mengonsumsi rebusan air seledri ini dapat terlihat jika mengonsumsi air rebusan daun seledri selama 2 kali dalam sehari dan dikonsumsi secara rutin selama 7 hari berturut-turut. Kelompok Sabilulungan juga menyediakan air rebusan daun seledri yang sudah jadi dan siap dikonsumsi. Peserta kegiatan launching program menyambut dengan baik inovasi yang kami usungkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pastisipan yang mencoba air rebusan seledri dan memberikan kesan yang baik.

Dengan adanya launching program GRADASI, harapannya dapat memberikan manfaat khususnya bagi mahasiswa kesehatan masyarakat, umumnya bagi masyarakat kelurahan Bantarsari di wilayah Posbindu Melati dan semoga kedepannya Posbindu Melati dapat menjadi Posbindu percontohan sehingga program ini dapat direplikasi di seluruh wilayah Posbindu Kelurahan Bantarsari.


Oleh :
Nabila Salsabila Nurhabibah
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat
FIKes Universitas Siliwangi


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Saka Bakti Husada Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan