Berobat Ke Luar Negeri, Kebutuhan Atau Gengsi?

Sistem kesehatan di Indonesia perlu ditingkatkan dan diperbaiki agar pelayanan kesehatan di Indonesia dapat lebih baik. Dengan begitu, masyarakat akan lebih memilih pengobatan di dalam negeri dibandingkan di luar negeri.

Pengobatan di luar negeri tidak selalu disebabkan oleh gengsi. Namun, karena pelayanan kesehatan di Indonesia masih jauh dari kata baik dibandingkan pelayanan kesehatan di luar negeri. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia memilih melakukan pengobatan di luar negeri karena didorong oleh keinginan untuk sembuh dengan teknologi yang lebih memadai. Pada dasarnya, pelayanan kesehatan dan teknologi di Indonesia belum mencakupi seluruh pengobatan untuk setiap penyakit yang ada.

Walaupun teknologi di Indonesia sudah mulai memadai, tetapi masyarakat belum dapat memercayai sepenuhnya tenaga kesehatan yang menggunakan teknologi tersebut. Tidak hanya itu, terkadang ada kesalahan diagnosa yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, sehingga masyarakat di Indonesia mulai tidak percaya kepada tenaga kesehatan. Jika dilihat dari beberapa kasus sebelumnya, diagnosa pasien ada yang tidak sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Berbeda dengan di luar negeri, sistem yang cukup ketat mengurangi kesalahan diagnosa oleh tenaga kesehatan.

Maka dari itu, pemerintah dan tenaga kesehatan harus bekerja sama dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, serta dibutuhkannya teknologi yang memadai agar pengobatan dapat dilakukan di dalam negeri. Sehingga, sistem kesehatan di Indonesia perlu ditingkatkan dan diperbaiki agar pelayanan kesehatan di Indonesia dapat lebih baik. Dengan begitu, masyarakat akan lebih memilih pengobatan di dalam negeri dibandingkan di luar negeri.


UKPM Pena
BEM KM FKM Unand
Generasi Arunakara

  • Anisa
  • Filzahira Walljismi
  • Mazaya Aurellia Ghaisani
  • Muhammad Gusri Kurniadi Saputra
  • Sabrina Rachel Assyifa
Yuk Share Postingan Ini:
Kesmas.ID
Kesmas.ID
Articles: 671

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *