Jaga Kesehatan Mata, Telinga, dan Punggung di Masa Pandemi

Senin, 2 Agustus 2021 Civitas Akademik Dosen dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju  (STIKIM) telah melaksanan penyuluhan kesehatan pada siswa-siswi Kelas 4& 5 SD IT Nurul Qolbi Kabupaten Bekasi Tahun 2021 dengan tema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata, Telinga, dan Punggung pada Era Daring”.

Dimasa pandemi ini menjaga kesehatan mata, telinga, dan punggung sangatlah penting bagi siswa. Sebab di masa pandemi pembelajaran yang diharuskan secara online. Kesehatan mata, telinga, serta punggung terabaikan. Terlalu lama menatap layar gadget membuat banyak siswa mengalami gangguan kesehatan ini. Dalam acara ini kami memberikan tips dalam mejaga kesehatan tersebut kepada para siswa.

Peserta Webinar Kesehatan Mata, Telinga, Punggung di Masa Pandemi

Acara diawali dengan pembukaan berupa pre-test yang diajukan kepada para siswa dan siswi. Pemberian pre-test ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan mereka dalam materi yang akan disampaikan. Setelah pengisian pre-test kami mulai memberikan materi utama yaitu mengenai kesehatan mata, telinga dan kesehatan punggung. Materi yang kami berikan disambut dengan antuasiasme para siswa-siswi. Mereka terlihat sangat bersemangat saat mendengarkan paparan materi dari kami.

BACA JUGA:  Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Desa Borongtala Dengan PHBS

Di tengah sesi pemberian materi kami memberikan games sederhana dengan tujuan agar mereka tidak bosan mendegarkan presentasi dari kami. Pemberian games ini masih berhubungan dengan materi yang kami bawakan. Games ini berupa kata yang diacak sedemikian rupa, lalu siswa  diminta menyusun kata tersebut agar menjadi kata yang tepat. Makin antusias karena ada hadiah yang kami berikan sebagi bentuk apresiasi.

Setelah pemberian games kami melanjutkan pemaparan materi hingga selesai, dilanjut dengan sesi tanya jawab. Kami membatasi tiga pertanyaan, tetapi banyak sekali siswa -siswi yang masih sangat penasaran dengan materi yang kami sampaikan, akhirnya 6 pertanyaan pun diajukam oleh peserta. Setalah sesi tanya jawab kemudian kami melanjutkannya dengan memutar video senam dan mengajak mereka berpartisipasi menirukan senam yang kita putar.

Senam siswi SD IT Nurul Qolbi

Materi kesehatan mata, telinga dan punggung kami pilih dengan dasar pembelajaran sistem daring yang diberlakukan oleh Kemendikbud karena adanya pandemi ini. Ketiganya menjadi fokus kami, karena diyakini menjadi kesehatan yang terabaikan oleh para siswa maupun para orang tua.

Kami memilih siswa dan siswi SD IT Nurul Qolbi sebagai subyek penelitian kami dikarenakan kondisi yang sama atau mirip dengan tema penelitian kami dan dengan memperhatikan jarak yang dapat kami jangkau, agar kami mudah melakukan penelitian jika terdapat hal-hal yang kurang mencukupi.

BACA JUGA:  Seminar Membangun Desa Berbasis Kesehatan Masyarakat, FKM UNHAS Kerjasama dengan Pemkab Konawe Utara

Jaga Kesehatan Mata, Telinga, dan Punggung di Masa Pandemi, mengacu pada judul kami mengharapkan sekali kedepannya para siswa dan siswi lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan mata, telinga dan punggung agara tidak terjadi hal-hal yang tidak mengenakan.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk siswa Sekolah Dasar (SD) namun juga berlaku bagi mereka yang duduk di SMP, SMA/SMK, Perkuliahan bahkan mereka yang berkerja, karena pandemik ini dirasakan semua pihak. Besar harapan kami semakin banyak siswa atau masyarakat yang peduli terhadap kesehatannya sendiri meskipun pada masa yang sulit.

Saran atau rekomendasi artikel ini dibuat dengan harapan makin tingginya kesadaran masyarakat yang membaca untuk terus memperhatikan dan merawat kesehatan tubuh sekaligus menyadarkan mereka untuk berhenti dari pola hidup yang buruk, agar derajat kesehatan masyarakat yang optimal dapat segera tercapai dan menumbuhkan kepedulian terhadap kesehatan.

Agustina Sari, S.ST. M.Kes

Kami berterimakasih kepada Dosen Pembimbing Promkes sekaligus selaku Koordinator Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indoensia Maju Ibu Agustina Sari, S.ST. M.Kes.

Kelompok 4 Promkes 2021
Anggota Kelompok 4 Promosi Kesehatan :
– Anggi Risma Dianti : 01190000023
– Savanna Setiawaty : 01190000001
– Shabrina Rahmi Noviyanti : 01190000035
–  Sukmawati Boru Saragih : 01190000016

Penulis :
Anggi Risma Dianti

Dosen Pembimbing :
Agustina Sari, S.ST. M.Kes

(Visited 60 times, 2 visits today)