Mahasiswa STIKes Kuningan Ajak Warga Pilah Sampah Rumah Tangga

Sabtu, 28 Agustus 2021, Kelompok 4 PBL II Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan melaksanakan salah satu kegiatan intervensi program kesehatan masyarakat “Penyuluhan dan Pelatihan Pemilahan Sampah” di Dusun 03 Desa Manislor Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II dari tanggal 16 Agustus 2021 sampai 10 September 2021, dengan Dosen Pembimbing Akademik Ibu Bibit Nasrokhatun Diniah, SKM.,MKes dan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Ahmad Ropii, SKM telah. Program Intervensi dalam kegiatan PBL II ini dilakukan atas dasar tindak lanjut dari PBL I.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan masyarakat Dusun 03 Desa Manislor yang bertempat di Mushola Al-Ikhsan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan juga menggunakan handsanitizer. Kegiatan berlangsung pukul 13.00 s/d 15.00 WIB. Adapun masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu 34 orang dan dihadiri langsung oleh perangkat desa diantaranya Kepala Desa Manislor, Kepala Dusun 03, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan sekaligus Ketua TPS 3R Desa Manislor.

BACA JUGA:  Mahasiswa Kesmas STIKes Indramayu Gelar Overa Van Campak Rubella di SMP Unggulan

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Manislor, sambutan dari perwakilan mahasiswa, dan dilanjut acara inti yaitu penyuluhan dan praktik pemilahan sampah serta sosialisasi koperasi sampah dari pihak desa sebagai tindak lanjut dari kegiatan intervensi.

Kepala Desa Manislor Bapak Rusdi Sriwiyata, S.PKP

Dalam sambutannya, Kepala Desa Manislor yaitu Bapak Rusdi Sriwiyata, S.PKP mengatakan bahwa Manislor memiliki mimpi untuk dapat bersih dari sampah. Oleh karena itu, sekarang ini adalah masa perjuangannya, salah satunya dengan adanya TPS 3R dan ditambah adanya kegiatan mahasiswa STIKKu yang melakukan kegiatan intervensi program kesehatan masyarakat terkait masalah sampah.

Adapun saat penyuluhan yang diberikan oleh salah satu mahasiswa STIKes Kuningan yaitu menyampaikan tentang jenis-jenis sampah, pemanfaatan sampah dan pentingnya melakukan pemilahan sampah dari rumah masing-masing.

Hal tersebut sesuai dengan Perilaku Pengamanan Sampah Rumah Tangga sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Pasal 3 ayat (2) huruf d diwujudkan melalui kegiatan paling sedikit terdiri atas membudayakan perilaku memilah sampah rumah tangga sesuai dengan jenisnya dan membuang sampah rumah tangga di luar rumah secara rutin, melakukan pengurangan (Reduce), penggunaan kembali (Reuse), dan pengolahan kembali (Recycle) dan menyediakan dan memelihara sarana pembuangan sampah rumah tangga di luar rumah.

mahasiswa kesmas stikes kuningan, penyuluhan sampah rumah tangga

Setelah kegiatan penyuluhan selesai yaitu dilanjut dengan praktik pemilahan sampah dengan alat dan bahan yang telah disediakan oleh mahasiswa. Sebanyak 3 orang peserta penyuluhan berhasil tampil kedepan untuk melakukan praktik pemilahan sampah organik dan anorganik serta mencontohkan pada yang lainnya. Doorprize pun diberikan sebagai apresiasi bagi peserta yang berhasil memilah sampah.

BACA JUGA:  Bincang Ringan Bersama Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan

Sebagai sesi akhir, dilanjut dengan “Sosialiasi Koperasi Berbasis Sampah” oleh Bapak Sahroni selaku Kepala Seksi Ekonomi pembangunan Desa Manislor. Koperasi ini merupakan salah satu program dalam upaya menangani permasalahan sampah.

Adapun syarat agar menjadi anggota koperasi maka harus membayar iuran administrasi dan selanjutnya sampah yang telah dipilah dari rumah masing-masing dapat disetorkan pada TPS 3R melalui pengangkutan oleh petugas yang ada.

Lalu hasil pemilahan sampah akan ditimbang dan dicatat penukarannya sesuai ketentuan di lokasi TPS 3R. Setelah itu, sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) di TPS 3R dan sampah anorganik akan dijual pada pengepul.

praktek pemilahan sampah rumah tangga

Sebagai penutup, harapan dari kegiatan ini adalah semoga masyarakat Desa Manislor dapat lebih bijak dalam mengelola sampah minimalnya dengan melakukan pemilahan sampah dari rumah masing-masing serta mendukung program desa yang berkaitan dengan penanganan sampah.


Penulis :
Lusi Amatul R & Firda Ainul Z

Kelompok 4:
– Aulia Kharis R
– Firda Ainul Z
– Lusi Amatul R
– Ria Yuliana
– Nisya Khaerunnisya H

(Visited 54 times, 1 visits today)