PBL, Mahasiswa STIKes Surya Global Yogyakarta Fasilitasi Pelatihan PPGD untuk para Pemuda Desa

PBL, Mahasiswa STIKes Surya Global Yogyakarta Fasilitasi Pelatihan PPGD untuk para Pemuda Desa

Praktik Belajar Lapangan (PBL), Mahasiswa STIKes Surya Global Kelompok 9 melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema Pertolongan Pertama pada Kegawat Daruratan berlangsung pada Minggu, 6 Agustus 2023, bertempat di Padukuhan Pagutan, Kalurahan Purwaharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan yang dipusatkan di serambi Masjid Al Muttaqin, menghadirkan narasumber Sdr. Samsul Arifin, S.K.M dan Sdr. Ismail Yunus S.Kep dari Human Initiative dan diikuti para pemuda Dukuh Pagutan berjumlah 13 orang.

Dalam kesempatan kali ini, narasumber menyampaikan materi Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan (PPGD) yang merupakan pertolongan pertama mencakup usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan korban dari kematian, sebelum mendapat pertolongan yang lebih lanjut oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Materi ini sengaja dipilih mengingat kondisi geografis Dukuh Pagutan yang terletak di daerah perbukitan, dan mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani, sehingga masih banyak ditemukan binatang berbisa seperti ular. Ada juga terjadi kasus petani terkena sabit sehingga tidak tahu penanganan yang tepat sehingga luka menjadi lama sembuh dan menghambat aktivitas sehari-hari terutama saat harus ke sawah/ ladang.

Situasi gawat darurat tidak hanya terjadi akibat lalu lintas jalan raya yang sangat padat saja, tapi juga dalam lingkup keluarga dan lingkungan pun sering terjadi kejadian gawat darurat. Misalnya, seorang yang habis melakukan olahraga/ aktivitas fisik berat tiba-tiba terserang penyakit jantung, seorang yang makan tiba-tiba tersedak, seorang yang sedang membersihkan rumput di kebun tiba-tiba digigit ular berbisa, dan sebagainya.

Semua situasi tersebut perlu diatasi segera dalam hitungan menit bahkan detik, sehingga perlu pengetahuan praktis bagi semua masyarakat tentang pertolongan pertama pada keadaan gawat darurat. Dan perlu diingat sebelum menolong korban sebaiknya kita harus memperhatikan 3A, Aman diri (diri kita sendiri/ penolong), Aman lingkungan (lokasi kejadian) dan Aman pasien/ korban. Agar lebih menarik dan mudah dipahami, kegiatan yang berlangsung kurang lebih 60 menit ini selain berupa paparan teori juga dilakukan praktik langsung atau simulasi PPGD.

“Terimakasih untuk para narasumber dan teman-teman mahasiswa dari Surya Global, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat untuk kami, jadi kalau ada hal-hal tak terduga dan perlu tindakan pertolongan pertama, kita dapat membantu dengan cepat dan tepat”, ujar Isnaini Nur Kholis, perwakilan dari Pemuda Karang Taruna Pagutan.

Dengan adanya kegiatan ini, para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PBL berharap semoga kedepannya materi yang sudah disampaikan oleh para narsumber, dapat dijadikan bekal dan dimanfaatkan oleh para peserta yang hadir ketika terjadi keadaan gawat darurat di sekitar mereka.


Kelompok 9 Praktik belajar Lapangan (PBL)
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global Yogyakarta

Dosen Pengampu : Anis Khotimah, S.K.M, MPH

Anggota Kelompok :

  • Nabila Rizqy Ahmad
  • Dinar Nurdjati
  • Halimah Raharusun
  • Anis Nurul Fitriyani
  • Annisa Al-Humaira
  • Isti Qomah
  • Reza Ayu Syahmura
  • Shara Diva
  • Aisyah Fitriyah Azzakiyah
  • Rusdianti Ruslan
Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis