Penerima Beasiswa LPDP RI Angkatan 210 Laksanakan Kelas Inspirasi Bagi Anak Penyintas Kanker

Peduli Asuh Nusantara, Penerima Beasiswa LPDP RI Angkatan 210 Laksanakan Kelas Inspirasi Bagi Anak Penyintas Kanker 

Minggu, 20 Agustus 2023, penerima Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI yang tergabung dalam Persiapan Keberangkatan Angkatan 210 “Asah Asih” melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertempat di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap anak-anak penyintas kanker. Hingga saat ini YKAKI masih aktif memberikan bantuan kepada anak-anak penyintas kanker yang sedang berobat di Rumah Sakit Sardjito dengan memfasilitasi rumah singgah yang dapat ditempati selama menjalani pengobatan, fasilitas belajar. pendampingan dan dukungan sosial lainnya.

Kelas inspirasi diisi dengan story telling yang dibawakan oleh Rezania Fitria yang disambut antusias oleh anak anak. Melalui story telling ini disampaikan edukasi Kesehatan terkait pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Gizi Seimbang melalui cerita “Moly dan Monky Suka Makan Sayur” kemudian Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun bersama. Selanjutnya, anak-anak  diajak untuk melakukan aktifitas fisik sederhana sembari  bermain dan belajar dengan relawan yang merupakan awardee yang saat ini sedang menempuh pendidikan Master maupun Doktoral di Yogyakarta dan sekitarnya. Melalui kegiatan ini diharapkan tumbuh semangat anak-anak untuk meraih mimpi dan cita cita di masa mendatang sesuai  dengan apa yang telah mereka tuliskan di “Pohon Harapan”.

Selain ditujukan kepada anak-anak, kegiatan ini juga melibatkan orang tua melalui kegiatan sharing session dan sosialisasi parenting yang disampaikan oleh Intan Rosenanda. Para orangtua bersyukur dan merasa terbantu dengan keberadaan YKAKI karana telah disediakan rumah singgah, mewadahi mereka yang berasal dari dari luar Daerah Yogyakarta, memberikan ilmu dan bekal pengetahuan, juga mempertemukan dengan para orang tua  yang sama sama berjuang mendampingi anak-anak mereka menjalani pengobatan.

Dalam sesi sosialisasi parenting disampaikan akan pentingnya dukungan  sosial yang salah satunya dapat diperoleh dari sesama orangtua yang memiliki cerita, pengalaman dan perjuangan yang sama. Dengan adanya kegiatan ini para orang tua juga merasa senang karena dapat melihat keceriaan anak anak bercengkrama, bermain, dan belajar bersama para relawan. Suatu hal yang sudah jarang mereka dapatkan sekarang.

Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi wadah bagi para awardee untuk memberikan kontribusi dimulai dari satu Langkah kecil dan semoga  ada perhatian dari berbagai pihak agar yayasan ini dapat terus eksis dalam menjalankan perannya membantu anak-anak Indonesia yang saat ini sedang berjuang menjalani pengobatan.


Penulis:
Sri Purwanti
PK 210 LPDP Asah Asih

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Saka Bakti Husada Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan