Perangi Stunting, PPPKMI Lumajang Berkomitmen Waspada Penyakit Jantung Bawaan

Perangi Stunting, PPPKMI Lumajang Berkomitmen Waspada Penyakit Jantung Bawaan

Di Indonesia, sekitar 8 bayi per 1000 kelahiran hidup memiliki Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dengan kondisi bervariasi, dari ringan sampai berat. PJB muncul karena perkembangan jantung janin yang belum sempurna atau abnormal pada awal masa kehamilan. Salah satu dampak dari PJB Adalah ancaman malnutrisi yang dapat berujung pada kondisi stunting.

Selain itu, PJB merupakan penyebab signifikan kematian bayi terutama di negara berkembang. Salah satu kontributor angka kasus dan kematian akibat penyakit tersebut adalah kurangnya kewaspadaan dalam penemuan kasus serta diagnosis bayi dengan PJB.

Dalam rangka penguatan skrining PJB pada bayi dan memperingati pekan Kewaspadaan Penyakit Jantung Bawaan, maka Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Lumajang berkolaborasi dengan PPPKMI, IDI, IDAI PERKI dan IBI Cabang Lumajang menggelar Seminar Deteksi Jantung Bawaan bagi Dokter dan Bidan di Puskesmas bertempat di Ruang Pertemuan IBI pada Hari Rabu, 15 Februari 2023.

Dalam kegiatan ini ditandatangani pula komitmen untuk deteksi dini PJB di Posyandu/ Polindes/ Ponkesdes/ Pustu dan Puskesmas, melakukan rujukan kasus balita terduga PJB serta melakukan edukasi tentang PJB kepada keluarga dan masyarakat untuk melakukan deteksi dini PJB. (Raths)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis