Persiapan Diri Dalam Menghadapi Sekolah Tatap Muka

Mahasiswa STIKIM mengadakan penyuluhan bertema Persiapan Diri Dalam Menghadapi Sekolah Tatap Muka di SDN Mampang 3 Depok Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021. Sasaran penyuluhan ini yakni siswa kelas 2 SD Mampang 3 Depok

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok 12 untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Promosi Kegiatan dimana Intan Puspita Asri sebagai Moderator/MC, Faidah Afifah, Aisyah Khairunnisa, Nurul Pitriani Salamah sebagai Pemateri mengenai protokol kesehatan persiapan diri dalam mengahadapi sekolah Penyuluhan kali ini diikuti 12 siswa Kelas 2 SDN Mampang 3 Depok.

Kegiatan dimulai dengan pre-test dimana pelaksanaan nya sendiri adalah dengan memberikan pertanyaan secara langsung oleh kelompok dan memberikan opsi kepada siswa IYA atau TIDAK. Dan cara menjawabnya dengan mengangkat tangan sesuai dengan jawaban mereka masing-masing hal tersebut dilakukan untuk mengukur seberapa jauh pengetahun siswa sebelum dilakukannya penyuluhan. Dari 12 siswa ketika melaksanakan pre-test didapatkan hasil 7 orang memiliki pengetahuan yang baik.

Kegiatan selanjutnya yaitu menonton video animasi, media dengan video animasi dipilih dimaksudkan untuk menarik siswa dalam memahami video mengenai covid-19 untuk para siswa mengenali virus tersebut mulai dari awal terdektesi hingga materi pencegahan dimana diharapkan siswa dapat memahami dahulu tentang virus yang menjadi penyebab covid-19.

BACA JUGA:  Mahasiswa FKIK Universitas Jambi Melakukan Pengabdian Pada Suku Anak Dalam

Baru setelah itu kelompok memberikan penyuluhan mengenai protokol kesehatan diselingi dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan video yang ditonton hal tersebut dilakukan agar siswa tidak hanya menyimak namun juga memahami yang dijelaskan oleh kelompok.

Dalam pemberian materi diselipkan video yang telah kami buat yaitu cara mencuci tangan dan diharapkan dapat ditiru oleh siswa itu sendiri. Setelah materi selesai kelompok mereview materi yang disampaikan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan juga mengajak siswa mempraktekan video mencuci tangan juga video cara batuk dan bersin yang efektif hal tersebut dilakukan untuk mengukur pemahaman dan keberanian siswa dalam memaparkan apa yang dia ketahui.

Dan dipenghujung acara dilaksanakan post-test untuk mengukur apakah siswa memahami materi yang telah disampaikan. Dari 12 siswa yang bertahan sampai akhir ada 10 siswa dimana ketika pos-tes 10 siswa tersebut memahami materi yang telah disampaikan.

Kelompok mengambil tema mengenai persiapan sekolah tatap muka karena terdapat wacana dari pemerintah sendiri untuk melakukan sekolah tatap muka namun melihat Kota Depok sebagai salah satu kota dengan angka tertinggi kasus covid-19 maka kelompok tertarik lokasi di Kota Depok itu sendiri, khususnya di lingkungan terdekat.

BACA JUGA:  Kampung KB Kab Pekalongan, Sebuah Sinergi Inovasi Strategis Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Setalah melakukan diskusi kelompok memilih di SDN Mampang 3 Depok sebagai lokasi penyuluhan tersebut, khususnya kelas 2 SD karena di usia tersebut masih perlu pemahaman yang lebih mengenai edukasi protocol kesehatan. Kemudian kami melakukan penyebaran kuesioner pada 31 siswa tersebut.

Didapatkan hasil kurang patuh dalam penerapan protokol kesehatan 25 siswa (68,1%), kurangnya edukasi mengenai protokol kesehatan 27 siswa (88.0%) dikarenakan presentasinya cukup tinggi maka kelompok mengambil tema mengenai persiapan diri sekolah tatap muka.

Harapan dari pelaksaan kegiatan ini adalah Siswa SDN Mampang 3 Depok harus lebih menerapkan lagi protokol kesehatan apa saja yang harus dilakukan di masa pandemik ini agar bisa meminimalisir penyebaran covid-19 .

Saran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sekolah dapat menerapkan cara mencuci tangan dengan benar di lingkungan sekolah. Bisa dengan acara rutinan ataupun sekolah lebih mengedukasi mengenai protokol kesehatan seperti menempelkan poster di lingkungan sekolah, memberikan materi protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar. Dan sekolah harus selalu mengingatkan siswa SDN Mampang 3 Depok mengenai etika batuk dan bersin di lingkungan sekolah.

(Visited 28 times, 1 visits today)