Yayasan Santri Peduli Negeri Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PRNU Cipayung dan Yayasan Santri Peduli Negeri Gelar Screening Kesehatan Gratis untuk Lansia

Depok, Jawa Barat, 2 Juni 2024, dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2024, Pengurus Ranting NU (PRNU) Kec. Cipayung, Kota Depok, bekerjasama dengan Yayasan Santri Peduli Negeri (SAPIN), Kelurahan Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cipayung, mengadakan acara “Peringatan Hari Lansia & Screening Kesehatan” pada Ahad, 02 Juni 2024 di Lapangan Jembatan Serong.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan lansia, dengan screening penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, kolesterol. Sekaligus mitigasi resiko bahaya penyakit menular mematikan seperti Penyakit tuberkulosis (TBC) di Indonesia yang menempati peringkat ketiga setelah India dan Cina dengan jumlah kasus 824 ribu dan kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam. TBC mudah menular dan menyebabkan kematian terutama pada kelompok lansia di atas 60 tahun yang kerap mengalami penurunan daya tahan tubuh yang membuat fungsi organ, termasuk organ pernapasan, menurun. Sehingga rentan terkena TBC.

Selain peringatan Hari Lansia juga dilakukan penandatanganan MoU & PKS antara Yayasan SAPIN dengan PRNU Cipayung untuk menjalankan program Yayasan Santri Peduli Negeri, LATANSA (Lansia Sehat Ikutan Screening Aktif) yang meliputi: Pelatihan kader kesehatan, Screening test kesehatan, Home visit lansia, serta Peringatan hari Lansia, program ini akan dijalankan hingga akhir Desember 2024.

Ketua PRNU Cipayung H. Abdurrahman mengatakan Acara NU ini merupakan acara yang selalu dinantikan masyarakat karena sebelumnya juga pernah mengadakan event pengobatan gratis dan kebanyakan pesertanya merupakan Lansia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan lansia serta sebagai upaya preventif deteksi dini kondisi kesehatan masyarakat, dan bukti nyata pengabdian serta kepedulian NU yang terus menjaga umat tidak hanya dalam urusan agama saja tapi juga urusan kesehatan. 

“NU bersama elemen-elemen terkait, yakni Yayasan Sapin dan Pemerintah telah menyiapkan agenda lanjutan untuk pemerataan tempat, kami telah merencanakan setiap RW yang ada di Kelurahan Cipayung untuk dapat dilakukan edukasi dan screening Lansia, adapun pelaksanaannya fleksibel berdasarkan kebutuhan dan kesiapan panitia, dengan harapan baik yang diurus maupun yang mengurus selalu diberikan kesehatan, dan dijaga oleh Allah SWT melalui ikhtiar-ikhtiar yang kita jalankan”, ujarnya.

Ketua Yayasan SAPIN Dzul Faridah Arinal Haq menjelaskan serangkaian kegiatan dalam acara ini meliputi: Penyuluhan kesehatan tentang penyakit TBC yang sering menyerang lansia, Pemeriksaan kesehatan gratis, seperti tensi darah, gula darah, dan kolesterol, Konsultasi kesehatan dengan dokter, dan Senam lansia.

“Lansia adalah aset bangsa yang perlu kita hargai dan kita jaga kesehatannya, Melalui acara ini, kami berharap para lansia di Kecamatan Cipayung dapat hidup sehat, mandiri, dan bahagia di usia senja. ujarnya.

Perwakilan Puskesmas Cipayung, Ibu Indah dari PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) selaku TU, mengatakan berdasarkan data Puskesmas terdapat sekitar 5.000 lansia yang terdata. Dengan tingkat penderita hipertensi 23%, dan penyakit lainya.

“Dengan adanya acara ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi lansia di kecamatan Cipayung Depok” ujar beliau.

Camat Cipayung mengapresiasi sebesar-besarnya kepada PRNU dan Yayasan Sapin, serta mengharap agar para lansia terus dapat menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan, pola hidup, dan keseharian agar selalu berfikir positif dan bahagia.

Turut hadir dalam acara Camat Cipayung Bpk. Hasan Nurdin, A.ks,. M.Si, Lurah Cipayung Bpk. Muhammad,SH,.MA, Ranting Muhammadiyah Cipayung Wahyudin,S.Pd, dan Ketua Rw.03 & ketua Rw. 04, serta kader kesehatan Rw.04 & Rw.03.

Acara ini didukung oleh UPTD Puskesmas Cipayung, Kelurahan Cipayung, PCNU Depok, Banser NU, PT Berkat Maksimal Ikhtiar (BMI) dan Masyarakat sekitar.


Informasi Lebih Lanjut :

Ketua PRNU Cipayung, H. Abdurrahman (+62 813-8999-9546)

Ketua Yayasan SAPIN, Dzul Faridah Arinal Haq (+62 812-1277-6660)

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis