Kiat Personal Branding Nakes Era Digital: Menulis untuk Berdampak

Saat ini, di zaman serba digital dan automasi mayoritas masyarakat menjadikan internet menjadi rujukan utama dalam mencari berbagai informasi. Terrmasuk bidang Kesehatan yang saat ini mulai mengalami transformasi digital. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya Media Kesehatan, Telemedicine, dan pelayanan Kesehatan lainnya melalui platform digital. Akses Informasi dan layanan yang mudah dan cepat menjadi alasan utama maraknya pengguna dikalangan masyarakat. Survei oleh Asosasi Penyelenggaea Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, sebanyak 51,06% responden menenggunakan internet unutk mencari informasi Kesehatan dan 14,05% melakukan konsultasi dengan ahli Kesehatan.

Namun mudahnya akses informasi tersebut tidak lepas dari potensi bahaya berita kebohongan, 27% dari 1000 berita kebohongan ditemukan pada informasi Kesehatan. Hal ini menumbuhkan kehati-hatian masyarakat dalam memilih sumber informasi yang kredible dan bersumber dari ahli/pakarnya. Ini menjadi peluang besar bagi tenaga Kesehatan atau lulusan Kesehatan untuk berbagi ilmu dan mengedukasi masyarakat dalam hal kesehatan dengan informasi yang akurat dan terpercaya.

Personal branding adalah proses sesorang membangun dan mempromosikan citra diri professional. Dengan personal branding yang kuat Nakes dapat membangun reputasi sebagai sumber informasi Kesehatan yang terpercaya. Selain itu personal branding juga dapat memperluas jaringan, dan membuka peluang karir yang lebih luas.

Menulis merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan nakes dalam membangun personal branding. Artikel Kesehatan yang disajikan dengan baik dapat membantu nakes membangun reputasi sebagai sumber informasi yang kredible dan terpercaya. Menulis artikel yang informatif dan akurat tidak hanya membantu dalam menyebarkan pengetahuan tetapi dalam membangun relasi dengan masyarakat.

Keterampilan menulis dapat membantu nakes dalam menyajikan informasi Kesehatan yang kompleks ke dalam nahasa yang sederhana dan mudah di pahami oleh masyarakat awam. Hal ini juga dapat memunculkan keunikan dari masing-masing tenaga Kesehatan dalam menyampaikan informasi, serta membuka peluang untuk lebih berdampak. seperti dengan menjadi penulis buku dan majalah Kesehatan, menjadi kolomnis di media Kesehatan, bahkan memulai blog Kesehatan sendiri.

Pada Sabtu lalu, Kesmas.Id melaksanakan pelatihan menulis yang membantu nakes dalam mengasah keterampilan dalam menyusun artikel serta press release yang mernarik dan informatif. Materi di sampaikan oleh Rakhmatniwa, SKM yang merupakan digital marketing expert dan juga Founder dari Kesmas.Id. Materi yang disampaikan diantaranya adalah Bagaimana kita menentukan target pembaca, Langkah-langkah menenetukan ide penulisan, memahami kerangka tulisan artikel popular dengan metode PAS, Optimasi artikel dengan SEO dan startegi publikasi penulisan agar mudah ditemukan melalui engiene search. Selain materi, pelatihan kali ini Kesmas.Id mengajak peserta untuk konsisten menulis dengan pengalaman praktis melalui magang yang bekerja sama dengan dinas Kesehatan kabupaten Tasikmalaya. Hal ini menjadi peluang untuk mendapatkan wawasan  dan pengalaman bagaimana bekerja di lingkungan yang professional.

Di era digital saat ini personal branding yang kuat dan keterampilan menulis yang baik, nakes dapat memeberikan kontribusi berdampak dengan menyebarkan informasi akuart dan bermanfaat bagi masyarakat. Harapannya dengan meningkatkan skill menulis bagi nakes, kedepannya lebih banyak nakes yang dapat terlibat dalam menyebarkan informasi Kesehatan yang terpercaya.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

2 responses to “Kiat Personal Branding Nakes Era Digital: Menulis untuk Berdampak”

  1. Melvin Sawedu Avatar
    Melvin Sawedu

    infromasinya sangat membantu..

  2. Kak, artikelnya sangat informatif. Aku tunggu artikel selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis