You are here
Home > Kabar Kampus > 4 Universitas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia

4 Universitas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia

4 Universitas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Universitas dengan fakultas ilmu kesehatan masyarakat memang banyak dicari oleh para calon mahasiswa baru. Banyak universitas di Indonesia yang memang menyediakan fakultas ini. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang sudah memiliki predikat peringkat terbaik atau peringkat A. Fakultas ilmu kesehatan masyarakat pada dasarnya adalah fakultas yang prodi-prodi di dalamnya mendalami ilmu seputar public health atau kesehatan masyarakat. Ilmu jenis ini dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Usaha-usaha tersebut dilakukan dengan cara pengorganisasian masyarakat dan memberikan pendidikan dan pendampingan langsung pada masyarakat. Defenisi lain dari ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu untuk mengusahakan peningkatan kesehatan fisik dan mental terhadap masyarakat, memperpanjang hidup masyarakat, dan juga meningkatkan efisiensi hidup masyarakat melalui usaha pendampingan yang terorganisir. Biasanya pendampingan dan pendidikan yang dilakukan untuk mengupayakan kesehatan masyarakat yang maksimal adalah seputar peningkatan sanitasi lingkungan, pemaksimalan kebersihan lingkungan, pencegahan penyakit, pengorganisasian pelayanan medis, dan pengembangan aspek sosial. Jika aspek-aspek tersebut sudah maksimal, masyarakat mempunyai standar kehidupan dan kesehatan yang lebih tinggi.

Program studi atau jurusan seputar kesehatan masyarakat umumnya berdiri sendiri di banyak universitas dengan nama Fakultas Kesehatan Masyarakat atau yang biasa disingkat menjadi FKM. Selain memiliki jurusan kesehatan masyarakat, FKM juga biasanya memiliki jurusan kesehatan lingkungan, ilmu gizi dan masih banyak lagi. Ilmu kesehatan masyarakat tidak hanya terdapat di universitas, tapi juga bisa didapatkan di sekolah tinggi kesehatan atau STIKES. Hal ini berbeda dengan jurusan kedokteran umum atau kedokteran gigi yang biasanya hanya ada di universitas saja.

BACA JUGA:  FKM UMI Jalin Kerjasama dengan FKM Universitas Indonesia

Kalau kamu pengen medalami ilmu kesehatan masyarat seperti ini, banyak universitas di Indonesia, baik negeri atau swasta, yang memiliki FKM atau Fakultas Kesehatan Masyarakat. Untuk universitas negeri, ada 4 universitas negeri di Indonesia yang fakultas kesehatan masyarakatnya sudah dianggap paling baik. FKM di keempat universitas negeri ini memiliki akreditasi A dari BAN PT. Keempat universitas negeri dengan FKM terbaik tersebut adalah:

  1. Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS)
  2. Universitas Indonesia Jakarta (UI)
  3. Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP)
  4. Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR)

Berikut pembahasannya satu per satu

1. FKM Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS)

FKM Unhas sudah dibuka sejak tahun ajaran 1982/1983. Pada saat dibuka, FKM Unhas memiliki program studi ilmu kesehatan masyarakat saja. Kuliah perdana dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1982 dan diikuti oleh 21 orang mahasiswa. Dibukanya FKM Unhas ini adalah hasil dari kelas kerjasama antara Unhas dengan Departemen Kesehatan. Hari ini, FKM Unhas sudah jauh berkembang dengan adanya berbagai program studi seperti Administrasi Kebijakan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Biostatistik/Kependudukan Keluarga Berencana, Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan &  Keselamatan Kerja, dan lain sebagainya. Lulusan FKM Unhas dianggap memiliki ketrampilan yang mumpuni untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan dan kesehatan lingkungan. Selain itu, FKM Unhas juga sudah terbukti kualitasnya dengan mendapatkan akreditasi A.

2. FKM Universitas Indonesia Jakarta (UI)

BACA JUGA:  Menengok Kebelakang Awal Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

FKM UI adalah salah satu FKM tertua di Indonesia. FKM UI secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juli 1965. FKM UI ini merupakan fakultas ke-13 di lingkungan Universitas Indonesia. Salah satu program studi paling diminati di FKM UI ini adalah Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat. Dibangunnya FKM UI ini berlandaskan keinginan dari pihak universitas untuk menghasilkan tenaga-tenaga kompeten di bidang kesehatan masyarakat agar mereka nantinya berguna dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga derajat kesehatan masyarakat. Salah satu misi dari FKM UI adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang kesehatan masyarakat. UI sudah menghasilkan ribuan lulusan dari FKM hingga hari ini. FKM di UI juga termasuk salah satu fakultas yang paling diminati oleh mahasiswa baru.

3. FKM Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP)

FKM Undip adalah salah satu fakultas favorit di universitas paling terkenal di Semarang ini. FKM Undip biasanya memiliki 450 kursi atau lebih untuk diperebutkan oleh calon mahasiswa baru. Tak hanya mahasiswa dari Indonesia saja, FKM Undip ini terkenal hingga ke manca negara sehingga mahasiswa asing pun berminat untuk mendalami imu kesehatan masyarakat di FKM UI. Salah satu keunggulan dari FKM Undip adalah masa studinya yang tidak lama. Hasil belajar mahasiswa memang berpengaruh, namun rata-rata mahasiswa di FKM Undip hanya membutuhkan waktu sekitar 3,5 hingga 4 tahun untuk menyelesaikan studi. Menurut banyak alumni, lulus dari FKM Undip juga masa tunggunya untuk mendapatkan pekerjaan terbilang tidak terlalu lama. Hanya sekitar 3 hingga 6 bulan saja. Bahkan, ada banyak mahasiswa FKM Undip yang saat belum lulus sudah dipesan oleh berbagai perusahaab dari berbagai industri untuk bekerja sebagai karyawan. Dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di Udip, FKM termasuk yang paling banyak diminati.

BACA JUGA:  Senat Akademi FKM UI Kunjungi Fakultas Kesehatan UDINUS

4. FKM Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR)

FKM Unair dibuka pada tahun 1984. Pada saat dibuka, FKM Unair ini khusus untuk para mahasiswa lulusan D3 kesehatan linier yang sudah bekerja selama minimal 3 tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, FKM Unair kemudian juga membuka program S1 bagi mahasiswa baru dan juga membuka berbagai program studi yang terkait dengan bidang kesehatan masyarakat. Hari ini, FKM Unair adalah satu dari empat FKM di universitas negeri yang mendapatkan akreditasi A. Lulusan FKM Unair dipercaya memiliki skill yang cukup untuk memberi arahan dan pendampingan tentang kesehatan pada masyarakat. Selain itu, FKM Unair tiap tahun rutin mencetak sarjana-sarjana kompeten di bidang kesehatan masyarakat.

Kalau kamu memang tertarik ingin kuliah di FKM dan maunya kuliah di FKM universitas negeri, keempat universitas negeri di atas bisa jadi pilihan kamu. Tapi ingat, Unhas, UI, Undip, dan Unair merupakan universitas negeri favorit yang pasti jadi serbuan calon maba baik saat SNMPTN, SBMPTN, maupun saat SM. Makanya, persiapkan diri mulai dari sekarang. Belum telat kok kalau mau coba-coba daftar lewat SBMPTN atau SM. Kalau memang belum rejekinya bisa kuliah di FKM universitas negeri, masih banyak kok FKM di universitas swasta yang juga memiliki nilai akreditasi yang baik. Ada juga STIKES dan poltekkes yang biasanya juga menyediakan FKM dengan berbagai program studi.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 7,278 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top